Menilik Faktor Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1175Keywords:
Disiplin, Tanggung Jawab, Sekolah Dasar, Faktor-faktor, KolaborasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembentukan perilaku disiplin dan tanggung jawab siswa serta faktor-faktor yang dapat meningkatkan disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengidentifikasi penurunan perilaku disiplin dan tanggung jawab siswa di lingkungan sekolah, mempengaruhi prestasi belajar mereka. Fokus pada kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan siswa sebagai subjek penelitian. Dilakukan di SD Negeri Bagek Dewa, Praya Barat Daya, Lombok Tengah, melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru, kepala sekolah, dan orang tua memainkan peran krusial dalam pembentukan perilaku disiplin dan tanggung jawab siswa di SD Negeri Bagek Dewa. Guru berperan sebagai contoh dan penggerak, sementara kepala sekolah memimpin dan memperkenalkan aturan sekolah. Orang tua mendukung proses ini, menjadi pendorong penting dalam membentuk perilaku siswa. Penerapan aturan yang konsisten, kesadaran akan aturan, penggunaan imbalan dan sanksi, serta pendekatan yang edukatif dan seimbang merupakan faktor utama dalam membentuk perilaku siswa. Kolaborasi antara semua pihak terkait memungkinkan siswa untuk memahami dan menerapkan disiplin dan tanggung jawab dengan lebih baik di lingkungan sekolah.