Pengembangan Media Cerita Bergambar Kata dan Kartun (Cergamtatun) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 2 SD Negeri 1 Krasak Bangsri

Authors

  • Reka Dwi Ristiana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Dwiana Asih Wiranti Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1219

Abstract

Melalui penelitian ini, peneliti memiliki tujuan ingin mengembangkan dan mengevaluasi validitas dan kemanjuran media narasi dengan ilustrasi kata dan kartun (Cergamtatun) yang dirancang untuk peserta didik kelas dua yang baru pertama kali belajar membaca. Peneliti memakai model ADDIE yang dapat dipahami pula sebagai Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation sebagai metodologi pengembangannya. Validitas dan kemanjuran media cergamtatun diperoleh dari hasil penelitian ini. Hasil validasi penelitian ini menghasilkan nilai validitas sebesar 86% pada skor ahli media dan 84% pada skor ahli materi, sehingga masuk dalam kategori sangat valid. Peneliti melakukan uji coba lapangan di kelas II SD Negeri I Krasak Bangsri setelah hipotesis layak untuk diverifikasi. Hasil uji cobanya adalah tingkat keberhasilan sebanyak 92% yang dapat tergolong ke dalam kategori sangat efektif. Bisa dikonklusikan media cerita bergambar kata dan kartun (Cergamtatun) sangat efektif dan sangat layak untuk dipakai menjadi media yang dipakai dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata kunci: ADDIE; Cergamtatun; Membaca Permulaan

 

 

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Reka Dwi Ristiana, & Dwiana Asih Wiranti. (2024). Pengembangan Media Cerita Bergambar Kata dan Kartun (Cergamtatun) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 2 SD Negeri 1 Krasak Bangsri. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 354–364. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1219