Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Animasi 3D Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V

Authors

  • dewi lokasari Universitas Negeri Semarang
  • Abu Fitroh Firmansyah Universitas Negeri Semarang
  • Wulan Aulia Azizah Universitas Negeri Semarang
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang
  • Ery Isdhianti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1221

Keywords:

PBL, Pendidikan Pancasila, Animasi 3D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan model PBL berbantuan media animasi 3D terhadap hasil belajar siswa pada materi Pancasila. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tambangan 02 yang berjumlah 28 anak. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental design yang berbentuk One Group Pretest - Posttest Design . Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menggunakan SPSS 26 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL berbantuan media animasi 3D terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila. Hasil T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, dimana nilai tersebut < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL berbantuan media animasi 3D terhadap hasil belajar siswa pada materi Pancasila.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

lokasari, dewi, Abu Fitroh Firmansyah, Wulan Aulia Azizah, Susilo Tri Widodo, & Ery Isdhianti. (2024). Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Animasi 3D Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 317–330. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1221