Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS di SD

Authors

  • Tinto Tinto Wahyu Kisworo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lutfi Wibawa Lutfi Wibawa Universitas Negeri Yogyakarta
  • Puji Yanti Fauziah Puji Yanti Fauziah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1236

Abstract

Kehadiran mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka memberikan tantangan bagi siswa untuk mendapatkan pengetahuan alam dan sosial secara bersamaan. Maka melalui penerapan model pembelajaran discovery inkuiri diharapkan dapat mengasah kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran discovery inkuiri. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori sangat kritis dengan persentase tertinggi 90%, kategori kritis persentase tertinggi 80%, dan kategori kurang kritis persentase terendah 60%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatkan berpikir kritis dapat diraih melalui penerapan model pembelajaran discovery inkuiri.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Tinto Wahyu Kisworo, T., Lutfi Wibawa, L. W., & Puji Yanti Fauziah, P. Y. F. (2024). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS di SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 160–178. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1236