Experiential Learning dan Kemampuan 4C Mahasiswa: Studi Pada Pendampingan Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN 42 Mataram

Authors

  • Iva Nurmawanti Universitas Mataram
  • Anindita SHM Kusuma Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1240

Keywords:

Anindita_fkip@unram.ac.id

Abstract

Kemampuan 4C (kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi) ditujukan dapat berkembang pada mahasiswa dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka khususnya pada program Kampus Mengajar. Berdasarkan hal tersebut maka digunakan metode experiential learning dalam pendampingan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN 42 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggali fenomena experiential learning yang diterapkan di SDN 42 Mataram dan relevansinya terhadap kemampuan 4C mahasiswa. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 5 mahasiswa dan 1 DLP yang terlibat dalam program Kampus Mengajar di SDN 42 Mataram. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada masing-masing tahapan experiential learning yang meliputi concrete experience, reflektif observation, abstract conceptualization, dan active experimentation mahasiswa menggunakan kemampuan komunikasi yang baik, kolaborasi dengan pihak guru maupun dengan DPL dengan baik, menggunakan kreativitas dan berpikir kritis untuk merencakan program dan melaksanakannya dengan baik. Sehingga program peningkatan literasi dan numerasi dapat berjalan dengan baik

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Nurmawanti, I., & Anindita SHM Kusuma. (2024). Experiential Learning dan Kemampuan 4C Mahasiswa: Studi Pada Pendampingan Kampus Mengajar Angkatan 5 di SDN 42 Mataram. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 276–287. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1240