Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model Pembelajaran Sas Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD

Authors

  • Ahmad Zulkarnain Universitas Hamzanwadi
  • Padlurrahman Padlurrahman Universitas Hamzanwadi
  • Ridwan Ridwan Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1369

Keywords:

Modul Ajar Berbasis Model Pembelajaran SAS, Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis model pembelajaran SAS berbantuan media flash card dan untuk mengetahui efektifitas serta kepraktisan modul ajar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D), yaitu melalui tahap penelitian dan tahap pengembangan untuk mengembangkan produk baru dengan langkah pengembangan level 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan menerapkan 9 langkah yang di adopsi dari langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Hasil dari penelitian ini berupa produk modul ajar berbasis model pembelajaran SAS berbantuan media flash card. Desain produk divalidasi oleh 3 orang validator ahli, yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Rata-rata skor hasil validasi, yakni skor 4 untuk ahli materi dengan kategori layak, skor 3 untuk ahli media dengan kategori layak, dan skor 5 untuk ahli bahasa dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, maka modul ajar yang dikembangkan layak untuk dilanjutkan ke tahap uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan di kelas I SD Negeri 2 Krama Jaya sebanyak dua kali, pertama uji coba skala kecil dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang dan yang kedua uji coba skala besar dilakukan dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Hasil uji coba diperoleh nilai rata-rata prestest sebesar 53,5 dan nilai posttest sebesar 83. Hasil uji keefektivan menggunakan rumus N-Gain ternormalisasi mendapatkan skor N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang, sehingga produk modul ajar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Zulkarnain, A., Padlurrahman, P., & Ridwan, R. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model Pembelajaran Sas Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 361–378. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.1369