Penggunaan Strategi Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN di SDN 20 Batu Bulek
DOI:
https://doi.org/10.37216/badaa.v5i2.748Keywords:
Startegi Pembelajaran, Inkuiri, Hasil Belajar, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini dipaparkan oleh peneliti yang menjadi pokok permasalahannya adalah siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang rendah. Adapun tujuan penulisan penelitian yang dilakukan peneliti yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan strategi inkuiri dan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa setelah proses pembelajaran menggunakan strategi inkuiri. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapaun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II Sekolah Dasar di Batu Bulek, Kabupaten Tanah Datar. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini yaitu stratistik deskriptif (descriptive statistics). Pada penelitian ini peneliti mengambil dua teknik analisis data yaitu mean dan persentase.
Persentase yang di dapatkan pada siklus I adalah 26% dengan kriteria persentase penlaian kurang dan maka hasilnya masih sebagian kecil siswa kelas II yang mampu meningkatkan hasil belajar melalui strategi inkuiri ini di SDN 20 Batu Bulek. Persentase yang didapatkan pada siklus II adalah 65% dan jika disesuaikan dengan penialian persentase Baik maka hasilnya masih sebagian besar siswa kelas II yang mampu meningkatkan hasil belajar melalui strategi inkuiri ini di SDN 20 Batu Bulek. Persentase yang di dapatkan pada siklus III adalah 100% dan jika disesuaikan dengan persentase naik sekali maka hasilnya hampir seluruhnya siswa kelas II sudah mampu meningkatkan hasil belajarnya. Berdasarkan penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN di kelas 2 UPT SDN 20 Batu Bulek, dan melalui penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran PKN di kelas 2 SDN 20 Batu Bulek