Pendampingan Manajemen Peningkatan Pendidikan Literasi Maulana Melalui Kegiatan Keagamaan Di Desa Sesaot

Authors

  • M. Tabi’in Aulya Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor, Lombok Timur
  • Rini Anggraeni IAI Hamzanwadi Pancor
  • Rizki Ayu Syahrany IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v2i2.1154

Keywords:

Agama, Literasi, Maulana, Pendidikan, Manajemen

Abstract

Tujuan diadakannya pendampingan Pendidikan literasi maulana adalah salah satu program dimana dalam pendampingan ini melatih guru dan sekaligus memperkenalkan pembelajaran maulana di desa sesaot. Konsentrasi pendampingan ini tentunya sesuai dengan program tim KKN-PKM yakni memberantas buta huruf dan mempercepat anak-anak dalam membaca dan menulis huruf abjad dan hijaiyah. Memperkenalkan literasi maulana mendapat respon dari semua peserta terutama guru Ngaji (TPQ) yang ada di desa Sesaot Lombok Barat. bentuk pelaksanaan pendampingan dilakukan adalah dengan memberikan pengajaran menggunakan metode yang ada di system pembelajaran Literasi Maulana yakni medote ADaBta (Amati, Dengar, Baca, Ceritakan) yaitu mempersiapkan rangkaian kegiatan pembelajaran yang lebih inovatif. Pada level pemula dan huruf kegiatan ini meliputi : amati, dengar, baca, dan ceritakan. Dengan sasaran output mengembangkan empat keterampilan yaitu: berpikir kritis, berpikir kreatif, berkomunikasi dan berkolaborasi

References

Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Kalim

Fuadi, Imam. 2004. Menuju Kehidupan Sufi. Jakarta: Bina Ilmu

Herabudin. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Jalaludin. 2001. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. 2007. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka

Marzuki. 2012. Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Palupi, Aprida Niken, dkk. 2020. Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

M. Tabi’in Aulya, Rini Anggraeni, and Rizki Ayu Syahrany. 2023. “Pendampingan Manajemen Peningkatan Pendidikan Literasi Maulana Melalui Kegiatan Keagamaan Di Desa Sesaot”. Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 2 (2):66-76. https://doi.org/10.37216/al-madani.v2i2.1154.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.