Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Dalam Pembangunan Pedesaan Di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur NTB

Authors

  • Heru Sunardi Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Lalu Fahrizal Cahyadi Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Apipuddin Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/almadani.v1i2.803

Keywords:

Ekonomi Perempuan, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Pembangunan Ekonomi Pedesaan oleh Perempuan, Pemberdayaan Perempuan Desa

Abstract

Peran perempuan (Ibu rumah tangga, remaja, dan lainnya) di Desa Pandan Duri dalam membangun desa dari segi ekonomi masih sangat rentan ini dilihat dari angka kesejahteraan sosial masayrakat yang masih rendah dilihat deari jumlah janda yang diangka 487 orang yang dalam artian terjadinya pelonjakan jumlah kepala keluarga oleh perempuan, dimana dapat diartikan bahwa populasi perempuan seharusnya berbanding lurus dengan peran dan posisi perempuan dalam keluarga juga ditengah masyarakat khsusunya di desa pandan duri. Faktor penyebab berasal dari Sumber Daya Manusia Perempuan yang masih rendah, dimana dilihat dari sektor Pendidikan yang rendah hampir 90% SDM berpendidikan rendah (SMA kebawah).

Metode yang digunakan yaitu Kualitatif Deskriptif dengan pendekatan sosial melalui program penyuluhan, pengambilan data/informasi, dan melakukan pelatihan dengan memberikan materi dari narasumber kompeten.

Hasil yang didapat oleh pengabdi yang Pertama membuka peluang usaha dengan memaksimalkan sumber daya alam local sangat melimpah mulai dari sektor perikanan berupa Ikan, Ebi (Udang Kecil), Pertanian & Perkebunan seperti Ubi, Jagung, dan tembakau, serta dari letak geografi desa pandan duri sebagai pemilik bendungan terbesar di Kabupaten Lombok Timur yaitu bendungan Pandan Duri dapat difungsikan sebagai tempat Wisata, Rekreasi, Pemancingan dan Kuliner berpotensi sangat besar. Akan tetapi masyarakat dan pemerintah desa belum menyadari dan mengembangkan potensi-potensi diatas menjadi sumber mata pencaharian baru dalam mensejahterakan seluruh masyarakat Desa Pandan Duri. Kedua, pemberdayaan sektor ekonomi dengan memulai membuat usaha skala rumahan, industry kecil dan menengah dan membuat produk-produk lokal dengan memasarkan melalui media online ataupun offline.

References

Achmad, S. 1994. Peningkatan Peranan Wanita Dalam Pembangunan Kantor Menteri UPWRI, Jakarta. Ancok, Jamaludin. 1996.

Browne, C. V. , Pemanfaatan Organisasi Lokal Untuk Mengentaskan Kemiskinan dalam Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia. Aditya Media Yogyakarta, 1995.

Profil Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur tahun 2022

Hasil survei Pengabdi di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Lombok Timur pada bulan 18 Juni Tahun 2022

Zakiyah, Pemberdayaan Perempuan Oleh Lajnah Wanita, Jurnal Penkajian Masalah Sosial Keagamaan, No.XVII, 2010.

Notulensi Pelatihan Kewirausahaan Bagi Perempuan di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Oleh Ibu Riyan Pinasti Rahajeng (Sekretaris International Council and Small Business Provinsi NTB)

Silalahi Ulber, Metode Penelitian Sosial, Bandung : Refika Aditama Press tahun 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, :Bandung, Alfabeta Press Tahun 2012.

Downloads

Published

2023-01-04 — Updated on 2023-07-24

Versions

How to Cite

Sunardi , H. ., Fahrizal Cahyadi, L. . ., & Apipuddin. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Dalam Pembangunan Pedesaan Di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur NTB. AL-Madani: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 115-145. https://doi.org/10.37216/almadani.v1i2.803 (Original work published January 4, 2023)

Issue

Section

Articles