GURU DAN METODE PENGAJARAN BAGAIKAN BUAH PINANG DIBELAH DUA (Aplikasi Metode Cooferative Learning Model Jigsaw Pada P.docx

Authors

  • Ahmad Hulaimi IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v2i2.144

Keywords:

Guru, Metode, Pembelajaran, Kooferatif

Abstract

Guru merupakan pilot class dalam pembelajaran karena gurulah yang mengendalikan tata kelola pembelajaran di kelas. Ada ungkapan papatah :”guru kencing berdiri murid kencing berlari”. Ungkapan tersebut menggambarkan betapa strategisnya posisi guru dalam dunia pendidikan sebagai agen of change yaitu orang yang mampu merubah tatanan hidup peserta didik dan kehidupan dunia secara umum.

Saat ini kita disungguhkan dengan perubahan-perubahan kurikulum dengan kebijakan yang berbeda-beda, entah perubahan itu disebabkan karena politis ataukah didasarkan pada aspek kajian filosofis ataukan pragmatis dalam pengembangan kurikulum secara nasional, tetapi kita sepakat bahwa dalam kurun waktu yang tidak terlalu jauh kurikulum nasional selalu mengalami perubahan dan perubahannya itu bersifat pasang surut artinya mampu membuat bingung masyarakat dan lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah dan guru yang tentunya menjadi langkah mundur bagi dunia pendidikan.

Tetapi apapun bentuk perubahan itu jangan sampai peserta didik dibuat bingung yang menyebabkan terjadinya langkah mundur dalam dunia pembelajaran. Nah kata kunci dari semua itu adalah guru yang professional yaitu guru yang tidak terlalu risau dengan perubahan kurikulum tetapi justru perubahan tersebut dijadikan pelengkap bumbu untuk mendidik anak-anaknya di sekolah agar semakin meningkatkan mutu belajarnya di kelas. Salah satu yang sering menjadi perhatian dalam pembelajaran guru di kelas adalah metode pengajajaran.

Metode mengajaran merupakan kata kunci kesusksesan guru dalam mendidik anak-anaknya di sekolah/madrasah karena bagaimanapun metode pengajaran adalah kata kunci strategi guru dalam mentransformasi pengetahuanya kepada siswa-siswanya. Itulah sebabnya saya katakana bahwa guru dan metode pengajaran tidak bisa dipisahkan ia ibarat saudara kembar bagaikan buah pinang dibelah dua. Terlebih-lebih paradigma pembelajaran sudah mengalami perubahan dari yang berpola Teacher Centered Learning (TCL) menuju Student Centered Learning (SCL) yaitu pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Tentunya guru yang professional pasti dan harus menguasai pola pembelajaran ini agar pembelajaran menjadi lebih menarik.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Hulaimi, Ahmad. “GURU DAN METODE PENGAJARAN BAGAIKAN BUAH PINANG DIBELAH DUA (Aplikasi Metode Cooferative Learning Model Jigsaw Pada P.Docx”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 2, no. 2 (April 25, 2019): 1–13. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/144.