MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA SISWA KELAS VIII MTS. NW PRIGGASELA
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v3i1.152Keywords:
Pembelajaran, prestasi, metodeAbstract
Prestasi dan belajar adalah dua kalimat yang berbeda tetapi mempunyai korelasi yang signifikan karena tidak mungkin akan mencapai suatu prestasi tanpa melalui belajar yang rajin, begitu juga belajar bisa diukur keberhasilannya dari sejaunmana prestasi yang diraih. Prestasi tidak hanya dikukur secara kuantitatif yang ditulis dalam rapotr-raport siswa tetapi lebih dari itu. Itulah sebabnya diera kekinian prestasi mempunyai tolak ukur yang beragam.
Untuk meraih suatu prestasi, pembelajaran tidak hanya cukup menguasai satu atau dua metode, melainkan harus mampu mengkombinasikan beberapa metode yang intinya materi yang akan disampaikan mampu dicerna oleh siswa apapun metodenya.
Penerapan metode kooperatif tipe bamboo dancing merupakan tehnik suatu metode yang bersifat taktis untuk diterapkan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, karena selama ini guru-guru hanya berorientasi pada peneraan metode ceramah. Oleh sebab itu penerapan metode kooperatif tipe bamboo dancing akan sangat mewarnai proses pembelajaran berikutnya.