Pendidikan Karakter Melalui Remaja Sehat dan Produktif sebagai Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMPN 3 Pringgabaya

Authors

  • Hasaniah Zulfiani IAI Hamzanwadi Pancor
  • Muhamad Azomi IAI Hamzanwadi Pancor
  • M. Taufiqurriadi IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i1.1460

Keywords:

Pendidikan Karakter, Remaja, Sehat, Produktif, P5

Abstract

Era teknologi memudahkan kita untuk berinteraksi dan berkomunikasi jarak jauh, jika penggunaannya berlebihan tanpa adanya kontrol bisa memberikan efek negative salah satunya terkait karakter.  Pendidikan karakter dapat diimplmentasikan melaku projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait dengan karakter remaja, Kesehatan fisik dan mental remaha serta meningkatkan produktivitas remaja; Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi, observasi, dokumentasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan P5 menjadikan sumber daya manusia Indonesia unggul, karena keunggulan zaman tidak hanya didasarkan pada softskill dan hardskill, melainkan juga berlandaskan Pancasila yang memuat nilai kepribadian bangsa. Selain itu, menjadikan remaja lebih memahami diri untuk hidup sehat secara fisik dan mental serta menjadikan remaja lebih produktif.

References

DAFTAR PUSTAKA

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil kemahasiswaan Pancasila sebagai upaya penciptaan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.

Rofiqi, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui projek Penguatan Profil Pancasila Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Karakter, 14 (2), 166-176.

Rohmah, K., Sawiji, H., & Susilowati, T. (2023). Pendidikan Karakter melalui Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Jenjang SMK. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(6), 534-543

Rusnaini, R. Raharjo, R., Suryaningsih A. ., & Noventari, W., (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249

Santi, M., & Prajana, A. (2018). Analisis implementasi ujian nasional berbasis komputer dengan ujian berbasis kertas di SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 84-91,

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Zulfiani, Hasaniah, Muhamad Azomi, and M. Taufiqurriadi. 2024. “Pendidikan Karakter Melalui Remaja Sehat Dan Produktif Sebagai Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SMPN 3 Pringgabaya”. Al Madani Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3 (1):1-8. https://doi.org/10.37216/al-madani.v3i1.1460.

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.