Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Ustadz Dan Ustadzah Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk

Authors

  • Suhartono Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Anik Indramawan Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Idawati IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i1.732

Keywords:

Pelatihan Dan Pendampingan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Ustadz/Ustadzah, Madrasah Diniyah

Abstract

Tugas guru (ustadz/ ustadzah) pada satuan pendidikan formal dan non formal adalah melaksanakan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dapat efektif dan terprogram, guru (ustadz/ ustadzah) harus menyiapkan perencanaan pembelajaran dengan matang. Salah satu perencanaan pembelajaran yang disiapkan oleh guru (ustadz/ ustadzah) minimal berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kurangnya pemahaman tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi guru (ustadz/ ustadzah), sehingga guru (ustadz/ ustadzah) di Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk tidak pernah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sebagai solusi diadakan pelatihan dan pendampingan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 100% motivasi ustadz dan ustadzah sangat baik mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 77,78% ustadz dan ustadzah memahami materi pelatihan dan pendampingan, dan 66,67 % ustadz dan ustadzah dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan hasil yang baik dan membantu  ustadz dan ustadzah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman dan rambu-rambu melaksanakan pembelajaran yang terprogram dan efektif. 

 

Published

2022-08-28

How to Cite

Suhartono, Anik Indramawan, and Idawati. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Ustadz Dan Ustadzah Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk”. Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat) 1 (1):30-39. https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i1.732.

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.