الروحية فى الخط العربى

Authors

  • Zakiyah Isnawati IAIN Kudus
  • Muhammad Ihsan IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.477

Keywords:

Spritualitas, Kaligrafi Arab

Abstract

Kaligrafi Arab telah berkembang dalam berbagai bentuk dan gaya, terdapat korelasi secara prinsip antara kaligrafi Arab yang bermula dari konteks al Qur’an semata dengan substansi spiritual yang terus menyelubungi bentuk dan alunan penulisan kaligrafi Arab. Kaligrafi Arab muncul dan menduduki posisi yang sangat urgen dalam Islam sehingga dapat disebut sebagai leluhur seni visual Islam tradisional dan memiliki jejak yang sangat istimewa dalam peradaban Islam. Kaligrafi Arab dikenal sebagai kebudayaan itu sendiri sehingga tulisan yang mempunyai keindahan ganda tersebut dianggap sebagai seni seorang yang berbudaya dan berkedisiplinan pikiran dan jiwa serta kekuasaan. Dari sudut pandang spritualitas, kaligrafi bukan hanya sekedar tulisan indah melainkan seni  yang syarat dengan nilai estetik yang dapat menata jiwa dan mengantar seseorang kepada pengakuan keesaan Allah, pencipta segala sesuatu. Pesan yang sangat mendalam dalam kaligrafi Arab adalah membawa pesaan kesejatian kebenaran yaitu identitas Tauhid kepada Allah.

References

Abidin , Zainal, 1992, Seluk Beluk al Qur’an, cet. 1 Jakarta: Rineka Cipta.

Bakar, Osman, 1994, Tauhid dan Sains: Esai-Esai Tentang Sejarah dan Filsafat Sains Islam cet. I Bandung: Pustaka Hidayat.

C. Israr, Sejarah Kesenian Islam, Jilid (Jakarta: Bulan Bintang, 1955), h. 144.

Chaer, Abdul, 1994. Linguistik Umum, cet I. Jakarta: Rineka Cipta.

Hossen Nasr, Sayyed, 1993, Spritualitas dan Seni Islam, Bandung: Miz an.

Israr , C., 1985, Dari teks Klasik ke Kaligrafi Arab, Jakarta: Yayasan Masagung.

Khairi, Ilham, 1999, Al Quran dan Kaligrafi Arab; Peran Kitab Suci dalam Trnsformasi Budaya, Jakarta: Logos.

Mahasim, 1991, Kaligrafi Sebagai Simbol Budaya Islam, Diskusi Panel Kaligrafi Islam Nasional, Yogyakarta: Panitia , Ismail, 1999, Seni Tauhid Esensi dan Ekspresi Estetika Islam, cet. I (Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Shihab, Quraish, 2000, Sejarah Mushaf al Qur’an, Pustaka Firdaus.

الكتب باللغة الإندونسية

جلال الدين السيوطى, الإتقان فى علوم القرآن بيروت: دار الفكر.

بد الوهاب خلاف, 1978, علم اصول الفقه (القاهرة: دار القلم,

محمد رازى فخر الدين, , 1985, تفسير فخر الرازى , بيروت: دار الفكر

محمد عبد العظيم الزرقانى,1414 ه, مناهل العرفان فى علوم القرآن جزء 2 بيروت: دار الفكر.

صبحى صالح, 1977, مباحث فى علوم القرآن , بيروت: دار العلم للملايين.

مناع خليل قطان, , 1973, مباحث القرآن فى علوم القرآن, مكة: المكتب المعارف

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Isnawati, Z., & Ihsan, M. (2022). الروحية فى الخط العربى. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 29–46. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.477