Pengaruh Metode Qiyasi Dalam Penguasaan Nahwu Terhadap Kemampuan Siswa Membaca Teks Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v18i1.345Keywords:
Metode Qiyasi, Penguasaan Nahwu, Kemampuan Siswa MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan metode qiyasi dalam penguasaan Nahwu terhadap kemampuan membaca siswa, apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode qiyasi dengan siswa yang tidak menggunakan metode qiyasi. Penelitian ini dilaksanakan di Ma. Al-Islamiyah Bebidas pada tanggal 26 agustus sampai dengan tanggal 26 september 2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa pada kelas XI MIA I untuk kelas control, dan juga berjumlah 20 siswa kelas XI MIA II pada kelas eksperimen. Tekhnik pengambilan sampel yaitu sampling purposive yang dipilih berdasarkan pertimbangan guru. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur, sedangkan analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan Independen Sampel Test ( uji t_tes).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode qiyasi yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi penguasaan nahwu dan kemampuan siswa membaca teks bahasa Arab secara signifikan pada pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode qiyasi. Hal ini terbukti dari deskripsi data pre_test, sebelum diterapkannya metode Qiyasi dikelas eksperimen mendapatkan hasil mean kelas x=68.75, dan kelas kontrol kelas x=43.00. Namun setelah diberikan perlakuan x post_tes kelas eksperimen mencapai rata-rata=83.25, dan kelas kontrol mencapai rata-rata=61.50. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan statistic uji t_tes diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? =7.148 dan ???????????????????????? = 2,042. Sehingga ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? (7,148> 2,042).
Dengan demikian dapat dikatakanbahwa ada pengaruh metode qiyasi dalam penguasaan nahwu terhadap kemampuan membaca siswa kelas XI Ma. Al-Islamiyah Bebidas
References
Hamid Abdul.. Mengukur KemAmpuAn BAHASA ArAb.(Malang Uin Maliki Press 2010)
Hasil observasi di MAdrASAh AliyAh A-ISLAmiyAh BebidAS, tanggal 20 agustus 2019 Journal of Arabic learning and teaching 3 (8) (2014)Zhul Fahmiy Hasani
Hermawan Acep,Metodologi PembELAjArAn BAHASA ArAb (Bandung,Pt.Remaja Rosda Karya,2011).
Mulyati Yeti dkk. PendidikAn BAHASA DAn SAtrA IndonesiA Di KeLAS Tinggi. Universitas terbuka Jakarta. 1998
Nuha Uli, Metodologi Super Efektif PembELAjArAn BAHASA ArAb, (Dive Press, Jogjakarta, 2012),
Izzan Ahmad. Metodologi PembELAjArAn BAHASA ArAb ( Humaniora 2015) .
Al Aziz Senali Saifulloh. Metode PembELAjArAn Ilmu NAhwu (Terbit terang 2002)
Nikmah Fu’ad. QowAidullughotil ArobiyAh( MULAkhos ) (Darul tsiqofah islamiya 1998). Mustofa Bisri Dan Abdul Hamid. Metode DAn StrAtegi PembELAjArAn BAHASA ArAb.
(Malang Uin Maliki Press 2006).
Guntur Tarigan Henry. MembAcA SebAGAI SUATu KeterAmpiLAn BerbAHASA. (Angkasa Bandung 1979)
M.Khalilullah. MediA PembELAjArAn BAHASA ArAb (Aswaja Pressindo 2003) Sugiyono, Metode PenelitiAn KuAntitAti,KuAlitAtif dAn R & D,( Bandung : Alfabet,
,
Arikunto, Prosedur PenelitiAn ATu PendekAtAn PrAktik,(Jakarta: PT Rineka Cipta 2010), Nurkencana, TuntunAn PenyusunAn KARyA IlmiAh,( Bandung: Sinar Baru
Algesindo,1986)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Muhammad Ihsan, Ziadatulhasanah Ziadatulhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.