PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATAKULIAH BAHASA ARAB MAHARAH KALAM BERBASIS BUDAYA LOKAL DI PRODI PBA FAKULTAS TARBIYAH IAIH PANCOR
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v15i1.180Keywords:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Maharah kalam.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang yang mampu menyalurkan learning style dan memotivasi mahasisswa dalam pembelajaran sehingga hasil pembelajaran maksimal. Bentuk Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini adalah multimedia interaktif dalam bentuk CD yang dilengkapi buku panduan dosen dan mahasiswa yang telah divalidasi oleh ahli media ,isi, dan desain untuk mengetahui tingkat kelayakan penggunaannya.. Dalam penelitian ini model pengembanagan menggunakanya model Borg & Gall melalui sembilan langkah yang terdapat pada model tersebut. Dan dari hasil uji coba lapangan kelompok besar dan kelompok kecil multimedia interaktif ini mampu memotivasi dan memaksimalkan hasil pembelajaran mahasiswa semester IV prodi PBA fakultas tarbiyah IAIH Pancor.
References
Strategi, Materi dan Media), sukses offset : yogyakarta.
Ardhana, W & Willis , W . 1989.Reading in Instructional Development. Jakarta Dirjen, Dikti, Depdikbud.
Acep Hermawan, 2011, Metodlogi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya : Bandung
Ahmad Fuad Efendi, 2009, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat: Malang
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Borg, W.R. and Gall M.D., 2003. Educational Research: An Introduction, 4th Edition, London: Longman Inc.
Degeng, I.N.S, 1977.Strategi pembelajaran , Penerbit IKIP Malang.
____________ 1989.Ilmu Pengajaran : Taksonomi Varibel. Jakarta: Depdikbud
Depdikbud Dirjen Dikti, Pengembangan Instruksional. Jakarta
Dimyati , M. 2001.Dilema Pendidikan ilmu Pengetahuan. Malang: IPTPI Cabang Malang
Dimyati & Mudjiono, 2002 . Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Dwiyogo, Wasis D., 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran: Media
Pembelajaran Penjas dan Olahraga, FIP: Universitas Negeri Malang
Dwiyogo, W. D. 2009.Pengembangan Model Pembelajaran Visioner. Jakarta: DP2M Dikti.
Heinich, Robert, et.al. 1982. Instructional Media: and the New Technology of Instruction, New York: Jonh Wily and Sons.
Januszewski, A., & Molenda, M. 2008. Educational Technology: A Definition with Comentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Group
Jittangthammagul,K., Yampinij,S., Endoo,T.,&Kramwong,N. 2012. The Construction of Interactive Computer Multimedia Instruction on “Basic Japanese Vocabulary” World Academy of Science, Engineering and Technology 61 2012.Halaman 243(www.waset.org/journals/waset/.../v61-42.pdf) diakses pada tanggal 11 juni 2012
Mayer, R. E. 2009. Multimedia Learning, Second Edition. Cambridge University Press 32 Avenue of the Americas, New York, NY 10013-2473, USA. (http://www.cambridge.org). Diakses tenggal 11 Juni 2012
Mishra, Sanjaya. 2005. Interactive in Education and Training. Idea Group Inc.
Miarso, Yusufhadi, 1987. Penelitian Insrtuksional, Survay . Model
Munadir, 1987. Rancangan sistem Pengajaran. Jakarta: P2PLPTK
Neo.M.,& Ken, T. K. 2001.Innovative teaching: Using multimedia in a problem-based learning environment. Malaysia: Centre for Innovative Education (CINE) Faculty of Creative Multimedia Multimedia University Cyberjaya, Selangor. Educational Technology & Society 4(4).ISSN 1436-4522. Online (http://kneo@pc.jaring.my)Diakses tanggal 13 Juni 2012
Hitipeuw, Imanuel, 2009. Belajar dan Pembelajaran, Malang: IKIP Malang
Pramono, G. 2008. Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Depdiknas
Rob Phillips, 1997. The Developer’s Handbook to Interactive Multimedia: A Practice Guide for Educational Application. London: Kogen Page Limited
Seels, B.B.& Richey, R.C., 1994. Instructional technology: The Definition and Domain of the field . Washington DC: AECT
Setiyono, B. D.2008. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. Tidak diterbitkan.
Smaldino, Sharon E. 2005. Instructional Technology and Multimedia for Learning.8th Edition. Columbus Person Education
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Penilaian dan Pemanfaatan. Bandung: CV. Wacana Prima
Tausend.,&Julie Y. 2008. Effects of Interactive Multimedia in E-Learning On Learners and Developers. Ithaca College. (www.ithaca.edu/.../tausend.pd... - Amerika Serikat) diakses pada tanggal 12 juni 2012
Tim Puslitjaknov, 2008. Metode Penelitian Penegembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas
Wahyono, Unggul. 2008. “Pengembangan Model Pembelajaran TIK untuk Meningkatkan Pengaturan Diri dalam Belajar Pebelajar”. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan: FKIP Universitas Tadulako
عمر صديق عبد الله، تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها، (الجيزة: الدار العلمية للنشر والتوزيع، 2008م)
ناصر عبد الله الغالي و عبد الحميد عبد الله، أسس إعداد الكتب التعليمية لغير الناطقين بالعربية، (الرياض : دار الغالي)
نصرالدين إدريس جوهري تعليم اللغة العربية من خلال تفعيل التعرض اللغوي الصفي (المقالة في كتاب مجموعة بحوث الندوة الدولية حول تجربة تعليم اللغة العربية في إندونيسيا ما لها وما عليها) البرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية – جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانق بالتعاون مع جمعية الجعوة والتعليم في جنوب شرق آسيا 2011م.