Kontribusi Abdullah Muhammad Bin Daud Ash-Shanhaji (Ibnu Ajurrum) Dalam Perkembangan Pembelajaran Kaidah Nahwu
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v23i1.2298Keywords:
Ibnu Ajurrum; Al-Ajurrumiyyah; kaidah nahwu; pembelajaran bahasa ArabAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi kontribusi Abdullah Muhammad bin Dawud Ash-Shanhaji (Ibnu Ajurrum) dalam pengembangan pembelajaran kaidah nahwu. Fokus penelitian terletak pada kitab monumental beliau, Al-Muqaddimah Al-Ajurrumiyyah, Sebagai kitab rujukkan dasar dalam pembelajaran kaidah nahwu yang di gunakan di berbagai pesantren dan lembaga pendidikan islam. Dengan mengidentifikasi metode pembelajaran dan keunggulan kitabnya, serta pengaruhnya terhadap dunia pendidikan bahasa arab. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada kajian pustaka (library research), dengan analisis-deskriptif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber sekunder, seperti kitab-kitab syarah terhadap Al-Ajurrumiyyah, jurnal ilmiah, dan buku referensi yang relevan, serta naskah primer berupa teks asli Al-Ajurrumiyyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muhammad Daud Ash-Shanhaji telah memberikan kontribusi dan pengaruh besar terhadap pembelajaran kaidah nahwu dengan karya monumental beliau Kitab Ajurrumiyah yang disusun oleh beliau dengan metode yang sangat sederhana namun bisa mencakup materi-materi inti dalam kaidah nahwu yang masih relevan untuk pembelajaran kaidah nahwu di zaman moderen
References
Afifa, Nurul. “Implementasi Kitab Syarah Al-Jurumiyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Santriwanti Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga Polman,” 2022, 4. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4318%0Ahttp://repository.iainpare.ac.id/4318/1/17.1200.011.pdf.
Alfadangi, Rizki. “Biografi Ibnu Ajurrum, Waliyullah Penulis Kitab Matan Jurumiyah.” Jurnaba.Co, 2023. https://jurnaba.co/biografi-ibnu-ajurrum-waliyullah-penulis-kitab-matan-jurumiyah/.
Annisa Khairunnisa , Mohammad Pribadi, Sugeng Sugiyono. “DASAR PEMIKIRAN IBNU MALIK SERTA REPRESENTASI PEMIKIRAN BASRAH DALAM KITAB ALFIYAHNYA.” Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 7, no. 1 (2024): 481–500. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-miyar.
Aprilia, Nur. “PEMIKIRAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB K . H . AHMAD MU ’ ALLIM : TELAAH ATAS KITAB TASHĪL AL - Ṭ ALABAH FI NA Ẓ M AL- JURŪMIYYAH AL - JĀWIYYAH,” 2024.
Arif Muzayin Shofwan, Rina Insani Setyowati, Choirul Hidayah, Agus Adam Malik. “Pembelajaran Tata Bahasa Arab Dalam Kitab Al-JurumiyahKarya Imam Shonhaji.” Ta’bir Al-’Arabiyyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Ilmu Kebahasaaraban 2, no. 2 (2024): 8–17. doi:10.35931/xxxxxxxx.
Chafidhotun Nafisah, Aflan. “PERKEMBANGAN ILMU NAHWU ( ALAT ) Kajian Historis,” 2023, 1–13.
Dr. Nadia Lofty Nasser. “The Challenges of Teaching Arabic To Non-Native Speakers.” Journal of Arabic Language for Specialized Research SIATS Journals Journal of Arabic Language Specialized Research, 2021, 55–80. http://jalsr.siats.co.uk.
Fauzi, Rizqi. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB JURUMI’AH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NAHWU SANTRI KELAS 1 AWALIYAH MADRASAH DINIYAH MANBA’UL HIKMAH BANDAR LAMPUNG.” Nucl. Phys. 13, no. 1 (2023): 104–16.
Holilulloh, Andi. “Pengaruh Mazhab Naḥwu Kūfah Dalam Kitab Matn Al-Ājurrūmīyah.” Al-Ma‘Rifah 17, no. 2 (2020): 139–48. doi:10.21009/almakrifah.17.02.04.
Huda, Sholihul. “Perjalanan Iman Ibnu Ajurrum Mengarang Kitab Jurumiyah.” Mubadalah.Id. December 23, 2023. https://mubadalah.id/perjalanan-iman-ibnu-ajurrum-mengarang-kitab-jurumiyah/.
Hula, Ibnu Rawandhy N. Tadribat Nahwiyah. Edited by Pusat Pengembangan Bahasa Kampus II IAIN Sultan Amai Gorontalo. Gorontalo: Haura Publishing, 2020.
Jumhur, Drs H. KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN NAHWU (Perencanaan, Proses, Dan Evaluasi) Di SMP-IT PONPES RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR. Rafah Press, 2020. http://repository.radenfatah.ac.id/20975/3/LKPBUK~1.PDF.
Kurniawati, Ani. “Implementasi Metode Hafalan Dan Setoran Kitab Al-Jurumiyah Di Madrasah Diniyah Wustha Darussalam Bangunsari Ponorogo.” Electronic Theses, 2022. http://etheses.iainponorogo.ac.id/18238/.
Maulidi, Ahmad, and Auladina Shalilah. “Pendidikan Anak Di Zaman Modern: Upaya Menghadapi Perkembangan Teknologi” 1 (December 1, 2021): 1–11.
Mawaddah, Siti Lum’atul. “Problematika Pembelajaran Nahwu Menggunakan Metode Klasik Arab Pegon Di Era Modern.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2022): 102–19. doi:10.18196/mht.v4i2.12976.
Nasyihuddin, Ahmad, and Ubay Abdilah. “Pengaruh Kitab Jurumiyah Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Pk Putra Madrasah Aliyah Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor.” Shawtul ‘Arab 3, no. 2 (2024): 59–68. doi:10.51192/sa.v3i2.763.
Ni’mah, Ulin. “PENGARUH PENGUASAAN NAHWU SHARAF DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATHUL QARIB SISWI KELAS 2A WUSTHO MADRASAH DINIYYAH AL-AMIRIYYAH TAHUN AJARAN 2020/2021.” Pharmacognosy Magazine 75, no. 17 (2021): 399–405.
Nurhakim, Amien. “Mengenal Matan Al-Jurrumiyah, Kitab Gramatikal Arab Sepanjang Masa.” NuOnline.Id, March 24, 2022. https://nu.or.id/pustaka/mengenal-matan-al-ajurumiyah-kitab-gramatika-arab-sepanjang-masa-UCc2F.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. “MATAN JURUMIYAHIS NOT FOR THE NOVICE ARABIC LEARNERS: A CRITICAL STUDY TEXT.” Journal GEEJ 7, no. 2 (2020): 167–84.
Rifa’i, Nurul Fitria, and Moh. Khasairi. “Penerapan Metode Induktif Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Nahwu Di Pesantren.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 3, no. 10 (2023): 1409–19. doi:10.17977/um064v3i102023p1409-1419.
Rizal, Syamsul. “Islamic Religious Education Teacher Learning Strategies in the Independent Curriculum to Face The Challenges of Globalisation” 22, no. 2 (1856): 87–102. doi:10.37216/tadib.v22i2.1856.
Sa’adah, N. “Pola Pembelajaran Nahwu Berbasis Kitab Kuning Di Ma Ali Maksum Krapyak Yogyakarta,” 2019. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39024.
Shanhaji, Muhammad bin Muhammad bin Dawud Ash. “Matan AL-Jurūmiyah.” Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan Menejemen Organisasi Kemenag RI, no. 6 (n.d.): 2010.
Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah. “Analysis of Nahwu Learning by Using the Book of Al-Ajurumiyah at Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Lailatul Maulidah Riska*, Imam Fauji.” Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning 2, no. 2 (2023): 1–15. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i2.
Solekhudin, Achmad, Moch Amirul Isnaini, and Rahardian Al Afghani. “Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Kitab Sharḥ Qaṭr Al-Nadá Wa-Ball Al-Ṣadá Pada Pembelajaran Nahwu Di Perguruan Tinggi Islam.” Alsina : Journal of Arabic Studies 5, no. 1 (2023): 53–72. doi:10.21580/alsina.5.1.21017.
Supardi, Adi, Agung Gumilar, Rizki Abdurohman, Stai Al, and Hidayah Tasikmalaya. “Pembelajaran Nahwu Dengan Metode Deduktif Dan Induktif.” Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 3, no. 1 (2022): 23–32.
Wahid, Romdhoni. “Napak Tilas Ibnu Ajurrum (Pengarang Kitab Jurumiyyah).” Almuhsin.Id, September 2019. https://almuhsin.id/napak-tilas-ibnu-ajurrum-pengarang-kitab-jurumiyyah/.
Yunisa, Melinda. “Problermatika Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Aspek Ilmu Naheu Dan Sharaf Pada Kelas X Madrasah Aliyah Laboratium Jambi.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 03, no. 2 (2022).
zaenulloh, muhammad rizal, Ujang Syahid, and Nurul Hidayanti. “Keistimewaan Bahasa Arab Dan Tantangan Pengajarannya.” Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Ekonomi Vol. 2 | N, no. 1 (2024).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 adittia batalipu, Mukhtar I Miolo, Fidi Wahyudi Simbala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.