1-12 Eksistensi Seni Kaligrafi Dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.536Keywords:
seni, kaligrafi, pendidikan, islamAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana eksistensi seni kaligrafi dalam pendidikan islam. Tujuan dari pendidikan islam ialah terbentuknya peserta didik yang berkepribadian islami sesuai dengan syariat Islam serta memegang teguh tauhid. Dalam penyampaian pembelajaran tentu diperlukan metode yang beragam dan menyenangkan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik, mencapai tujuan pendidikan serta peserta didik paham dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan pemanfaatan seni kaligrafi. Hasil penelitian ini dapat dimengerti bahwa eksistensi seni kaligrafi bagi pendidikan islam dipandang sebagai sebuah media yang dapat digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam dengan indah. Dimana nilai-nilai tersebut diantaranya nilai pendidikan aqidah (nilai cinta terhadap Al-Qur'an), nilai pendidikan ubudiyah/ibadah, nilai pendidikan akhlak (perilaku kerja keras, kesabaran, dan optimisme).
The purpose of this study is to find out how the existence of calligraphy in Islamic education is. The purpose of Islamic education is the formation of students who have an Islamic personality in accordance with Islamic law and hold fast to monotheism. In the delivery of learning, of course, various and fun methods are needed so that learning can run well, achieve educational goals and students understand and are interested in participating in learning. In learning Islamic Religious Education, one of the learning methods that can be used is the use of calligraphy. The results of this study can be understood that the existence of the art of calligraphy for Islamic education is seen as a medium that can be used to convey the values of Islamic education beautifully. Where these values include the value of aqidah education (the value of love for the Qur'an), the value of ubudiyah/worship education, the value of moral education (hard work behavior, patience, and optimism).
References
Afif, F. S. (2017). Cara Mengajar Kaligrafi Pedoman Guru. Jakarta: Darul Ulum Press.
Akromusyuhada, A. (2018). Seni Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 1, 3.
Hadi, A. ( 2016). Hermeneutika Estetika Dan Religiuditas. Jakarta Selatan: Sadra Press.
Hanafi, H., Adu, L., & Zainuddin. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Humam, A. (1991). Sekilas Tentang Asal-Usul Huruf Arab Dan Seni Kaligrafi Di Indonesia. Humaniora No. 2, 68-69.
Lestari, N. H., Ichsan, Y., Sukriyanto, R., & Asela, S. (2021). Urgensi Seni Rupa Kaligrafi Dalam Pendidikan Islam. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol 9, No1.
Muslim, A. (2013 ). Urgensi Estetika Dan Budaya Islam Dalam Pendidikan Agama Islam. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan Vol 1 No 1 , 57.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia.
Rizali, N. ( 2012). Kedudukan Seni Dalam Islam. Tsaqafa: Jurnal Kajian Seni Budaya Islam Vol. 1, No. 1,, 4.
Roisudin, A. S. (2015). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Khat Al-‟Arabiy : Studi Kasus Di Sekolah Kaligrafi Al-Quran (SAKAL) Pondok Pesantren Mamba‟ul Ma‟arif Denanyar Jombang . Didaktika Religia Vol 3 No 1, 190.
Safliana, E. (2008.). Seni Dalam Perspektif Islam. Islam Futura. Vol. 7, No. 1. , 101.
Suharno, & Asrori, M. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Seni Kaligrafi Al-Qur’an. Tadarus Tarbawy. Vol. 3. No. 1, 298-299.
Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan . Depok: Kencana.
Syaiful, A. (2018). Kaligrafi Desakralisasi Seniman Muslim. Tausyiyah. Vol. 13. No. 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alinda Syarofah, Yazida Ichsan, Hening Kusumaningrum, Muhammad Rizky Nur Risam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.