Pola Pembinaan Akhlak di Pondok Pesantren Unwanul Falah Paok Lombok
(Studi Komparatif Asrama dan Non Asrama)
Keywords:
Pembinaan Akhlak, pondok pesantren, asrama dan non asramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi komparasi tentang pola pembinaan akhlak di pondok pesantren unwanul falah paok lombok dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi dan analisis data dengan tiga langkah, mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan dan selanjutnya uji kredibilitas data. Pembinaan akhlak merupakan hal penting yang harus di lakukan oleh lembaga pendidikan lebih-lebih sebuah pondok pesantren. Di pondok pesantren unwanul falah terdapat siswa-siswi yang di asramakan dan tidak di asramakan dan memiliki pola pembinaan masing-masing agar peserta didik memiliki akhlak sesuai harapan dari adanya lembaga pendidikan, lebih-lebih pondok pesantren. Namun demikian ada perbedaan pola pembinaan akhlak antara siswa-siswi yang diasramakan dan tidak. Siswa yang tidak berasrama memiliki keterbatasan waktu dalam pembinaannya sedangkan siswa-siswi yang di asrama memiliki waktu yang lebih banyak sehingga pola pembinaan akhlak bisa terlaksana lebih maksimal
References
Azmy, Asmail, Akhlak Tasawuf, Yogyakarta : PT. K-Media, 2021.
Azalia, Iza, ‘’Pembinaan Akhlak pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hasyimiah Sumber Alam Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat’’, Skripsi, Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2019.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2014.
Abdurrahman dan Nurhadi, Konsep Pendidikan Akhlak, Moral, dan Krakter Dalam Islam, Guepedia 2020.
Dharma, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: RinekaCipta, 2008.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Fatru, Nawawi, El ‘’Pesantren dan Pembentukan Prilaku Santri’’ dalam http://nawawielfatru.blogspot.com/2011/10/ pesantren-dan-pembentukan-prilaku. Html, diambil tanggal 08 Juni 2022, pukul 20:51.
Fahham, Achmad, Muchaddam, Pendidikan Pesantren, Jakarta: Publica InsituteJakarta, 2020.
Furqan, Al, Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya, Padang : PT. UNP Press Padang, 2015.
Gade, Syabuddin, Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini, Banda Aceh :PT. Naskah Aceh Nusantara, 2019.
Hasbi, Muhammad, Akhlak Tasawuf, Yogyakarta :PT. Trust Media Publising, 2020.
Hamid, Abdullah, Pendidikan Krakter Berbasis Pesantren, Surabaya: PT Imtiyaz, 2017.
Hayati, Rina, ‘’Pengertian Penelitian Komperatif, Ciri, Macam, Tujuan, Cara Menulis, dan Contohnya’’ dalam https://penelitianilmiah.com/penelitian-komparatif, diambil tanggal 08 Juni 2022, pukul 20:13 WITA.
Muaini, ‘’Studi Komparasi Akhlak Santri Mukim dan Santri Non Mukim Pondok Pesantren Uswatun Hasanah (Studi Kasus MA Uswatun Hasanah)’’, Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, No. 2, Vol. 8 Juni 2021.
Manan, Syaepul, ‘’Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaa’’, Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta’lim, No. 1, Vol. 15, 2017.
Mamang, Etta, Sungadja, dan Sopiah, Metodologo Penelitian, Yogyakarta: CV. Andi Offiset, 2010.
Minrohmatillah, Siti, Najah, ‘’Apa Pengertian Komparatif’’ dalam https//www.kompasiana.com/najahhrohmatillah, diambil tanggal 08 juni 2022, pukul 19:51 WITA.
Masdalipah, ‘’Pola Pembinaan Akhlak Santriwati di Asrama Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal’’. Skripsi: Padangsidipuan: IAIN Padangsidipuan.
Masjudin, ‘’Manfaat Media Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam’’
https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/295/211
Millah, Saiful, ‘’Perbedaan Akhlak Antara Siswa yang Tinggal di Lingkungan Keluarga dengan Siswa yang Tinggal di Lingkungan Pesantren (Studi Komparasi Siswa Mts. Al-Hidayah Basmol, Kembang Jakarta Barat’’. Skripsi, Jakarta: Universitas Negri Syarif Hidayatullah, 2014..
Nugrahani, Farida, Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Penelitin Pendidikan Bahasa, Surakarta: Farida Nugrahani, 2014.
Prasetya, Beny, Dkk, Metode Pendidikan Krakter Religius Paling Efektif Disekolah, Lamongan: PT Academia Publication, 2021.
Purnomo, M, Hadi, Manajmen Pendidikan Pondok Pesantren, Yogyakarta : PT. Bildung Pustaka Utama, 2017.
Prawir, Cokro, El, Dkk, Studi Komparasi Metode Entropy dan ROC Sebagai Penentuan Bobot Kriteria SPK, Bandung: PT Kreatif Industri Nusantara, 2020.
Rahmat, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013, Yogyakarta: PT Bening Pustaka, 2019.
Saproni, Akhlak Seorang Muslim, Bogor: CV. Bina Karya Utama, 2015.
Subagia, I, Nyoman, Pendidikan Krakter Pola, Peran, Implikasi, Dalam Pembinaan Remaja Hindu, Bandung: Nila Cakra, 2021.
Salim, Abdullah, Akhlak Islam Membina Rumah Tanggadan Masyarakat, Jakarta: Seri Media Da’wah, 1994.
Syafe’i, Imam, ‘’ Pondok Pesantren: Lembaga Pembentukan Krakter, Al- Tadzkiyyah’’: Jurnal Pendidikan Islam, No, 1, Vol. 8, 2017.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R d D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016.
Subagyo, Joko, Metode Penelitian Dalam TeoriDan Praktik, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2015.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R D, Bandung: ALFABETA, CV 2017.
Saebani, Beni, hmad, Metodologi Penelitian, Bandung : CV Pustaka Setia, 2008.
Sukandar, Asep, Muhammad dan Muhammad Hori, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: PT Cendikia Press, 2020.
Thoha, Miftah, Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, Jakarta: PT Adhitya Andrebina Agung, 2015.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.
Yaqin, Ainul, Pendidikan Akhlak-Moral Berbasis Teori Kognitif , Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2020.
Zulhimma, ‘’Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia’’, Jurnal Darul ‘ilmi, No. 02, Vol. 01, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadia Haliza, Masjudin Masjudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.