76-90 Strategi Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.542Keywords:
Strategi, Motivasi, Tahfidz Al-Qur’an.Abstract
Sejarah pendidikian Islam di Indonesia sudah berjalan demikian panjang yang bahkan pendidikan Islam sudah ada sebelum Indonesia merdeka, perjuangan panjang untuk meneruskan syiar keislaman tidak pernah putus sampai dengan saat ini, hal ini dapat dibuktikan dengan berkembangnya pondok pesantren wabil khusus menjamurnya pondok tahfiz Al-Qur’an.
Pondok tahfidz memiliki peminat yang tidak sedikit karena tumbuhnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mempelajari dan menghafal Al-Qur’an agar tidak terjerumus kepada pergaulan langsung dengan masyarakat yang kurang mengindahkan agama maupun dengan pengaruh teknologi yang semakin merajai dunia yang dapat menjadi candu bagi anak dalam pemanfaatannya.
Keberadaan pondok tahfidz Al-Qur’an sangat penting sebagai langkah untuk membumikan Al-Qur’an serta memperkokoh nilai-nilai keberagamaan yang mampu mengantarkan generasi muda Indonesia berakhlak mulia, berbudi pekerti yang luhur dan toleran terhadap perbedaan baik menyangkut sikap, peradaban, suku, ras dan lain sebagainya. Untuk mencapai itu semua diperlukan langkah atau strategi yang dapat meningkatkan motivasi dan gairan belajar dan menghapal Al-Qur’an.
References
Ahsin AlHafidz. 2008. Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an. Jakarta : Amzah.
Ahsin W,Al-Hafidz,1994, Bimbingan Praktis menghafal Al-Qur'an, Jakarta: BumiAksara
Al-Ghautsani,Yahyabin‘Abdurrazzaq,2010,Caramudah&CepatMenghafalAl- Qur'an Jakarta: Pustaka ImamAsy-Syafi’I
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah, 2013, Revolusi Menghafal Al-Qur'an Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan TerjagaSeumurHidup, InsanKamil, Surakarta
Badwilan, Ahmad Salim, 2010 CaraMudah Bisa MenghafalAl-Qur'an, Jogjakarta: Bening
Dar ar Rasa’il. 2018. Yakinlah Menghafal itu Mudah. Jakarta: Digital Publishing.
Djamarah, Syaiful BahridanZain, Aswan, 1996 Strategi BelajarMengajar, Rineka Cipta, Jakarta, S
Hamzah B. Uno. 2007, Teori Motivasi dan Pengukuranya: Analisa di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,
Hasanah, Siti Muwanatul, 2009, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkanbudayaagamadikomunitassekolah;studikasusdiSMK Sandhy Putara Malang, Malang; Tesis UIN Malang tidakditerbitkan.
Ismanto, Heri Saptadi, 2008, Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur'an dan Implikasinya dalam Bimbingan Konseling (studi kasus pada beberapa santri di pondok pesantren Raudlotul Quran di Semarang Semarang; Jurnal
M.Quraish Shihab. 2007. Mu’jizat Al Qur’an. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Munawar Abdul, 2010, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Pekat Dompu – NTB, Malang; Tesis UIN Malang tidak diterbitkan,
Oemar Hamalik. 2016. Proses belajar Mengajar. jakarta: PT Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Soenarjo. 2007. Al Qur’an dan terjemahan. Jakarta: Peterjema/Penafsir.
Sardiman A.M, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: rajawali Press,
Suprayogo Imam. 2004 Pendidikan Berparadigma Al-Qur'an, Malang; Ad
Usman el Qurtuby. 40152. Al Qur’an Hafalan Mudah. Bandung: Cordoba.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Azhari Fathurrohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.