PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PRESTASI BELAJAR

Konsep Model pembelajaran Structured Dyadic Methods

Authors

  • Ahmad Huaimi IAI HAMZANWADI NW PANCOR
  • Hudatullah MAZ IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v15i1.174

Keywords:

Metode, Copperatif, Prestasi Belajar

Abstract

Aktivitas belajar siswa merupakan kegiatan atau perilaku yang terjadi selama proses belajar mengajar. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang mengarah pada proses belajar seperti bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas-tugas, dapat menjawab pertanyaan guru, dan bisa bekerjasama dengan siswa lain, serta tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan.

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas akan menjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Aktivitas yang timbul dari siswa akan mengakibatkan pula terbentuknya pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan perestasi belajar siswa.

Dalam setiap pembelajaran para siswa sangat mengharapkan akan adanya hasil dan prestasi belajar yang memuaskan bagi dirinya dan orang lain. Motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan yang ada dapat tercapai.Permasalahan yang sering terjadi di dunia pendidikan pada saat ini adalah siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran yang terjadi pada mata pelajaran pendidikan agama islamdan perestasi belajar siswa yang masih rendah disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat.

Oleh sebab itu salah satu keterampilan guru yang memegang peranan penting dalam pengajaran adalah keterampilan memilih metode. Pemilihan metode berkaitan langsung dengan usaha-usaha guru dalam menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi  dan kondisi sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Metode adalah sarana untuk mengantarkan bahan pelajaran dan upaya mencapai tujuan. Kelas yang kurang bergairah dan kondisi anak yang kurang kreatif di karenakan penentuan metode yang kurang sesuai dengan sifat dan bahan dan tidak sesuai dengan tujuan pengajaran pendapat lain mengatakan bahwa metode adalah cara melakukan sesuatu yang khas dalam memamfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber dayaterkait lainnya agar terjadinya proses pembelajaran pada diri pembelajar. Untuk itu peneliti akan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam

References

Agus Supri Jono. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem (Pustaka Pelajar: Yogyakarta, 2012)

Dalam http//.Blogspot.com dikutip pada tanggal 16 Desember Tahun 2013.

http://bio-sanjaya.blogspot.com/2012/03/skripsi-ptk-model-kooperatif-tipe-teams.html

http://marthavita.blogspot.com/2012/03/model-pembelajaran-structured-dyadic.html

Khairu Ahmadi. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu, (Jakarta; Prestasi Pustaka:2011)

Miptahul Huda.Cooperative Learning Metode, Struktur dan Model Penerapan (yogyakarta; pustaka pelajar,2012)

Mitahul Huda. Model-model pengajaran dan pembelajaran. (yogyakarta; pustaka pelajar:2013).

Nana Syaodih Sukmadinata.Landasan Psikologis Proses Pendidkan, (Bandung; RemajaRosda Karya; 2003)

Oemar Hamalik.Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Syaiful Bahri Djamarah.Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,(Surabaya; Usaha Nasional, 2012)

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Peroses Pendidikan, (Jakarta: kencana, 2010)

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Huaimi, A., & MAZ, H. (2019). PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PRESTASI BELAJAR: Konsep Model pembelajaran Structured Dyadic Methods. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.37216/tadib.v15i1.174

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.