Internalisasi Nilai – Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.478Keywords:
Internalisasi, Karakter, Budaya SekolahAbstract
Kesimpulan dalam tulisan ini menunjukkan Internalisasi nilai dalam pembentukan karakter di SMKN 41 Jakarta melalui budaya sekolah sesuai dengan nilai – nilai karakter bangsa dan lima karakter utama yang bersumber dari pancasila. Pengembangan karakter melalui konsep pembiasaan (habituasi) nilai, walaupun melalui kegiatan sederhana, namun memiliki pengaruh positif kepada terbentuknya karakter melalui pendekatan pengembangan budaya sekolah (school culture). Nilai – nilai tersebut adalah: 1) Nilai religius. Diantara kegiatannya adalah: Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran dan membudayakan mengucap salam dan menjawab salam di lingkungan sekolah. 2) Nilai Nasionalis, seperti: Menonton film perjuangan, Visit museum nasional, Parade budaya daerah. 3) Nilai Mandiri, seperti: Kemandirian enterepneurship (kewirausahaan) dan kemandirian dalam Pembelajaran. 4) Nilai Gotong Royong, seperti: gerakan infaq dan shadaqah, Zero waste ( lingkungan sekolah tanpa sampah). 5) Nilai Integritas, seperti: transparansi penggunaan anggaran sekolah, dan membuat zona integritas sekolah
Hasil Penelitian ini memiliki kesamaan pendapat dengan Zamroni (2013), Suyono dan Hariyanto (2014), Neft dan Citrin (1999) yang menyatakan bahwa Pembudayaan nilai melalui lembaga pendidikan membantu siswa membentuk karakter dan soft skill yang dibutuhkan dalam hidup. Sedangkan temuan penelitian tesis ini tidak sependapat dengan Kant (1952) dan Rosseau (1970) yang menyatakan bahwa sesuatu yang dilakukan berdasarkan kebiasaan (pembudayaan) akan menghilangkan sisi moralitas amal.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research ) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan design (rancangan) penelitian tunggal di SMKN 41 Jakarta.
References
Agustian,Ary Ginanjar, ESQ POWER: Sebuah Inner Journey Melalui Al- Ihsan, Jakarta: Penerbit Arga, 2003
Ali dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Siswa , Jakarta: Bumi Aksara, 2012
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002
Azra, Azumardi, Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2012
BKKBN, Materi Khutbah Agama Islam Program Kependudukan Keluarga Berencana & Pembangunan Keluarga, Jakarta: BKKBN, 2015
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Fanani,Zainudin, Pedoman Pendidikan Modern, Solo: Tiga Serangkai Mandiri, 2011
Furqon,Hidayatullah, Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010
Ghufron,Anik, Integrasi Nilai - Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran,Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan, 2010
Hamid,Muhammad, Dahsyatnya Menyantun Anak Yatim Dan Fakir Miskin, Yogykarta: Tugu Publisher, 2012
Jerald,Craig d. ‘Defining 21 st Education ‘ The Center For Public
Kemdikbud, Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah Pertama, Jakarta: Kemdikbud, 2016, hal. 9.
King J.Martin Luther R, Yang Dikutip Dari Buku Chrakter Matter ( Persoalan Karakter , Bagaimana Membantu Anak Dalam Mengembangakan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Lainnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011
Malihah E., “Sosok Ideal Manusia Indonesia Emas 2045 (Kenyataan Dan Harapan)”, Makalah Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII , 2012 Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhaimin dkk, Strategi Belajar – Mengajar, Surabaya: Citra Media, 1996
Mulyana,Dedi, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006
Munir,Abdullah, Pendidikan Karakter:Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah, Yogyakarta: Padagogia, 2010
Nata,Abudin, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Nur Gufron dan Rini Risnawati, Teori – Teori Psikologi, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2010
Suyono dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Wiyani,Novan Ardy, Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah Yogyakarta: PT. Pusaka Intan Madani, 2012
Za’balawi, Muhammad Sayyid, Pendidikan Remaja Antara Islam Dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press, 2007
Internet:
https://amp.kompas.com/nasional/read/2019/10/08/17114891/sejak-berdiri-kpk-sudah-memperoses-119-kepala -daerah-tersangka-korupsi. diakses tanggal 25/12/2019. pukul 06.13
https://www.bps.go.id/publication.html?publikasi%5D=&publikasi . diakses pada tanggal 25/12/2019. pukul 06.13
Diakses dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2019/07/transformsi -pendidikan-abad-21-melalui-rumah-belajar/ , pada tanggal 3 Maret 2020.
Diakses dari http://www.lintasberita.com/.../pemerintah-cepat-ubah-atau-ganti-sistem-pendidikan-nasional Diakses pada tanggal 17 desember 2019, pada pukul 21.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurlaili Wathani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.