Internalisasi Nilai – Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta

Authors

  • Nurlaili Wathano PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.478

Keywords:

Internalisasi, Karakter, Budaya Sekolah

Abstract

Kesimpulan dalam tulisan ini menunjukkan Internalisasi  nilai dalam pembentukan karakter di SMKN 41 Jakarta melalui budaya sekolah sesuai dengan nilai – nilai karakter bangsa dan lima karakter utama yang bersumber dari pancasila. Pengembangan karakter melalui konsep pembiasaan (habituasi) nilai, walaupun  melalui kegiatan sederhana, namun memiliki pengaruh positif kepada terbentuknya karakter melalui pendekatan pengembangan budaya sekolah (school culture). Nilai – nilai tersebut adalah: 1)  Nilai religius. Diantara kegiatannya adalah: Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran dan membudayakan mengucap salam dan menjawab salam di lingkungan sekolah. 2) Nilai Nasionalis, seperti: Menonton film perjuangan, Visit museum nasional, Parade budaya daerah. 3) Nilai Mandiri, seperti: Kemandirian enterepneurship (kewirausahaan) dan kemandirian dalam Pembelajaran. 4) Nilai Gotong Royong, seperti: gerakan infaq dan shadaqah, Zero waste ( lingkungan sekolah tanpa sampah). 5) Nilai Integritas, seperti: transparansi penggunaan anggaran sekolah,  dan membuat zona integritas sekolah

Hasil Penelitian ini memiliki kesamaan pendapat dengan Zamroni (2013), Suyono dan Hariyanto (2014), Neft dan Citrin (1999)  yang menyatakan bahwa Pembudayaan nilai melalui lembaga pendidikan membantu siswa membentuk karakter dan soft skill yang dibutuhkan dalam hidup. Sedangkan temuan penelitian tesis ini tidak sependapat dengan Kant (1952) dan Rosseau (1970) yang menyatakan bahwa sesuatu yang dilakukan berdasarkan kebiasaan (pembudayaan) akan menghilangkan sisi moralitas amal.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research ) dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan design (rancangan) penelitian tunggal  di SMKN 41 Jakarta.

References

Agustian,Ary Ginanjar, ESQ POWER: Sebuah Inner Journey Melalui Al- Ihsan, Jakarta: Penerbit Arga, 2003

Ali dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Siswa , Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Azra, Azumardi, Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2012

BKKBN, Materi Khutbah Agama Islam Program Kependudukan Keluarga Berencana & Pembangunan Keluarga, Jakarta: BKKBN, 2015

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Fanani,Zainudin, Pedoman Pendidikan Modern, Solo: Tiga Serangkai Mandiri, 2011

Furqon,Hidayatullah, Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010

Ghufron,Anik, Integrasi Nilai - Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran,Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan, 2010

Hamid,Muhammad, Dahsyatnya Menyantun Anak Yatim Dan Fakir Miskin, Yogykarta: Tugu Publisher, 2012

Jerald,Craig d. ‘Defining 21 st Education ‘ The Center For Public

Kemdikbud, Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah Pertama, Jakarta: Kemdikbud, 2016, hal. 9.

King J.Martin Luther R, Yang Dikutip Dari Buku Chrakter Matter ( Persoalan Karakter , Bagaimana Membantu Anak Dalam Mengembangakan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Lainnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011

Malihah E., “Sosok Ideal Manusia Indonesia Emas 2045 (Kenyataan Dan Harapan)”, Makalah Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) VII , 2012 Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhaimin dkk, Strategi Belajar – Mengajar, Surabaya: Citra Media, 1996

Mulyana,Dedi, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006

Munir,Abdullah, Pendidikan Karakter:Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah, Yogyakarta: Padagogia, 2010

Nata,Abudin, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012

Nur Gufron dan Rini Risnawati, Teori – Teori Psikologi, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2010

Suyono dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Wiyani,Novan Ardy, Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Di Sekolah Yogyakarta: PT. Pusaka Intan Madani, 2012

Za’balawi, Muhammad Sayyid, Pendidikan Remaja Antara Islam Dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press, 2007

Internet:

https://amp.kompas.com/nasional/read/2019/10/08/17114891/sejak-berdiri-kpk-sudah-memperoses-119-kepala -daerah-tersangka-korupsi. diakses tanggal 25/12/2019. pukul 06.13

https://www.bps.go.id/publication.html?publikasi%5D=&publikasi . diakses pada tanggal 25/12/2019. pukul 06.13

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional .artikel.

Diakses dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2019/07/transformsi -pendidikan-abad-21-melalui-rumah-belajar/ , pada tanggal 3 Maret 2020.

Diakses dari http://www.lintasberita.com/.../pemerintah-cepat-ubah-atau-ganti-sistem-pendidikan-nasional Diakses pada tanggal 17 desember 2019, pada pukul 21.00 WIB.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Wathano, N. (2022). Internalisasi Nilai – Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 47–77. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.478

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.