The Effect of Learning Discipline Level on Students’ Affective Learning Outcomes at MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan

Authors

  • Dara Mayang Sari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan
  • Sri Erdawati Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v21i2.1302

Keywords:

Tingkat disiplin belajar, Hasil belajar afektif

Abstract

Abstrak

Disiplin belajar siswa merupakan hal yang sangat penting. Jika kedisiplinan tersebut tertanam dalam diri anak maka ia akan berusaha untuk belajar secara teratur, kontinue, dan ajeg sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada. Sehingga akan tercapai sebuah prestasi belajar. Namun kebanyakan siswa belum sepenuhnya memahami pentingnya disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat disiplin belajar terhadap hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas tinggi MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sehingga jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 27 orang siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS diketahui bahwasanya hasil Fhitung > Ftabel, yakni 14,182 > 4,24. Ini artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas tinggi MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan.

References

Abas,Erjati.2017.Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru.Jakarta: Elex Media Komputindo.

Alimaun,Imam.2015.Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.

Anjarani,Tri Puji.2016. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus Dr.Cipto Mangunkusumo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

Aziz,Rini Utami.2006.Jangan Biarkan Anak Kita Berbohong dan Mencuri.Solo: Tiga Serangkai.

Blegur,Jusuf.2019.Soft Skills untuk Prestasi Belajar: Disiplin Percaya Diri Konsep Diri Akademik Penetapan Tujuan Tangggung Jawab Komitmen Kontrol Diri.Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Chomaidi dan Salamah.2018.Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah.Jakarta: Grasindo.

Darmadi.2017.Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: Deepublish.

Ismail,M.Ilyas,dkk.2020.Asessmen dan Evaluasi Pembelajaran.Makassar: Cendikian Publisher.

Kurniawan,Wisnu Aditya.2018.Budaya Tertib Siswa di Sekolah.Sukabumi: Jejak Publisher.

MD.Noor Bin Sapeer,dkk.2018.Proceedings International Conference on Guidance and Counseling 2017 (ICGC”17):Multicultural & Counseling. Pontianak: Elmans’ Institute.

Panjaitan, Nurmalasari.2018.Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa MIS AL Manar Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Prijowuntato,S.Widanarto.2016.EvaluasiPembelajaran.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Prastowo,Andi.2019.Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu.Jakarta: Kencana.

Rosyid,Moh.Zaiful,Mustazab, dan Aminol Rosid Abdullah.2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara

Rusman.2017.Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Saifuddin.2018.Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis.Yogyakarta: Deepublish.

Sarkadi.2019.Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013.Surabaya: Jakad Media Publishing.

Shofiyati,Sri.2012.Hidup Tertib.Jakarta:Balai Pustaka.

Sinar.2018.Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta: Deepublish, 2018

Sriyanti,Ika.2019.Evaluasi Pembelajaran Matematika. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Susanto,Ahmad.2018.Bimbingan dan Konseling diSekolah: Konsep,Teori dan Aplikasinya.Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwendra,I Wayan.2017.Murid Bandel Salah Siapa?. Bandung: Nilacakra.

Syafarudin,dkk.2019.Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas(PTK).Yogyakarta: Deepublish.

Tim Dosen Pai.2016.Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam.Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.2007.Jakarta: Visimedia.

Widiasworo,Erwin.2017.Study Smart.Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wiyani,Novan Ardi.2013.Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yudha,Rahmat Putra.2018.Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar.Kalimantan Barat: Yudha English Gallery

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Mayang Sari, D. ., & Erdawati, S. . (2023). The Effect of Learning Discipline Level on Students’ Affective Learning Outcomes at MI Nahdlatul Ulama II Tembilahan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(2), 95–113. https://doi.org/10.37216/tadib.v21i2.1302

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.