THAHARAH DALAM METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE

Authors

  • H. Hudatullah MAZ IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v16i2.192

Keywords:

Thaharoh, metode think – talk – write, pembelajaran

Abstract

Kegiatan proses belajar mengajar banyak faktor yang terlibat di dalamnya baik siswa yang belajar maupun guru yang mengajar. Dalam proses belajar mengajar khususnya Pendidikan Agama Islam diperlukan keterampilan guru yang dapat memilih metode dan pendekatan belajar yang baik agar materi Pendidikan Agama Islam yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh siswa dengan baik, Sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan pada siswa, faktor yang ikut menentukan keberhasilan dalam mengikuti proses belajar pada siswa adalah kemampuan yang dimilikinya, motivasi, minat, kebiasaan, ketekunan, dan kualitas proses belajar.

Untuk dapat meningkatkan hasil belajar dalam mengajar Pendidikan Agama Islam  perlu dilakukan proses belajar yang lebih baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan suatu model pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Pendidikan Agama Islam  dan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode Think – Talk - Write. Penggunaan metode Think – Talk - Write ini dapat membantu guru terutama dalam mengkondisikan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan kompetetif sehingga siswa akan lebih aktif dan termotivasi , giat dalam belajar dan prestasi belajar meningkat serta meningkatkan kemampuan bekerja sama dan bersosialisasi antar sesama temannya. Seperti yang kita ketahui bahwa apabila keaktifan dan motivasi belajar siswa meningkat dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang meningkat pula.

References

Abdul Aziz Rofik, dan Dra Listiawati Susanti, Mas’udi, Pendidikan Agama Islam.(Jakarta:CV.Duta Karya,2007),hal VII-IX

H.Amir Abyan, Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,(Jakarta:Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka,1995).

Jhony Andreas. Kamus Lengkap 700 Miliyar Inggris – Indonesia- Indonesia – Inggris. Penerbit. Surabaya : Karya Agung.

Rozaliah Blog Spot. Com / 2013/06/Juni. Makalah Pembelajaran Tipe TTW. Di posting tanggal 16/10/2015

Sumiati dan Asra. Metode pembelajaran. CV. Wacana Prima : Bandung. 2011.

Syaiful Bahri Djamarah.Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.( Surabaya , usaha Nasional 2012)

Tri Rama K. kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Karya Agung.

Yamin dan Ashari. Dalam postingan Muchlisin Riadi di WWW. Kajian Pustaka. Com . model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. 9 Februari 2014 dan di posting pada tanggal 16 Oktober 2015

Zulfakrispd. Blogspot. Com/2015/03/ model pembelajaran TTW. Di posting ahad, 11 Oktober 2015

Downloads

Published

2019-08-06

How to Cite

MAZ, H. H. (2019). THAHARAH DALAM METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 16(2), 1–10. https://doi.org/10.37216/tadib.v16i2.192

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.