Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Baiq Fatimatuzzahrah IAI Hamzanwadi Pancor
  • Azhari Fathurrohman IAI Hamzanwadi Pancor

Keywords:

Pembelajaran Contexstual Teaching and Learning CTL, dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X IPS di MA NW Mengkuru Lombok Timur. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak  di kelas X MA NW Mengkuru tahun pelajaran  2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen sungguhan (trueexperimental research). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive Sampling pengambilan sampel yang berdasarkan atas suatu pertimbangan tertentu sepertisifat-sifat populasi ataupun ciri-ciri yang sudah diketahui sebelumnya Cluster Random Probability  Sampling (area diambilsecararamdom) dengan menggunakan populasi 77 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test awal (pre-test), perlakuan (treatment), tesakhir (post Test), dokumentasi. Data yang diperoleh berupa skor hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu 10 butirsoal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dilihatdarinilaiposttest dengannilai rata-rata 74,5 dan nilai Posttes kelas control dengan nilai rata-rata 56,7. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilaithitung6,96>ttabel 2,02 dengantarafsignifikan 5% yang menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai kelas eksperimen dan nilai kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh antara pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar akidah akhlak di MA NW Mengkuru 2022/2023.

References

Depdiknas, Undang-undangSistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Eveline Siregar dan Hartini Nara, TeoriBelajar dan Pembelajaran, Bogor, Galia Indonesia, 2010.

Haidar Putra Dauly, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta Timur: Premada Media, 2004.

H.E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosadakaraya, 2017.

Karyadinata Rahayu dan Abdurrahman Maman, Dasat-dasarStatistik Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2012.

Mahmud,MetodePenelitian Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2011.

Muhammad Nisfiannoor, Pendekatan Statistika Moderen Untuk Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2009.

M. Ngalim Purnomo. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profisionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Syariful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Tim Pengembang MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran, Kota Depok, Rajang Rapindo Persada

Wina Sanjaya, Strategi PembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan, Jakarta, KencanaPrenada Media, 2006.

Yulingga Nanda Hanif, Statistik Pendidikan, Yogyakarta: Dee Publish, 2017.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Fatimatuzzahrah, B., & Fathurrohman, A. . (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(1), 14–24. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/1004

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.