PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • H. SUJONO IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v17i1.198

Keywords:

model pembelajaran,tipe Jigsaw, hasil belajar.

Abstract

Pendidikan Nasional sesuai Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 menjelaskan bahwa pendidikan nasional berpungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk  watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif serta bertanggung jawab.

Dalam rangka mewujudkan amanat Undang Undang tersebut, diperlukan berbagai upaya dan ikhtiar sehingga hasil yang diharapkan dapat dicapai dengan baik dan maksimal bagi kemajuan pribadi anak bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Kehadiran model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan dapat menjadi slah satu alternatif jawaban dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pada belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat atau enam orag secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.

References

BASRI HASAN, KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN,Bandung : pustaka setia 2012
Djamarah Syaiful Bahri. Guru dan anak Didik Dalam interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta . 2010
Departemen Agama RI . Al qur’an dan Terjemahnya. Bandung : pustaka Agung Harapan. 2006
Hosnan. Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia, 2014
Ngalimin Purwanto, Prinsip-prinsip Dan teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2012.
Roy Slavin, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progresif, Bandung : Nusa Media, 1996.
Rusman, Model-model pembelajaran. Jakarta : Rajawali, 2012.
Sardirman.A.M. “ Interaksi dan motivasi belajar mengajar “ . Jakarta : Rajawali Pers.2012
Sudjana, Dasar-dasar proses pembelaran, Bandung : Sinar Baru, 2010.

Downloads

Published

2019-08-06

How to Cite

SUJONO, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 17(1), 1–21. https://doi.org/10.37216/tadib.v17i1.198

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.