MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA POKOK BAHASAN SHALAT LIMA WAKTU MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS III MI HAMZANWADI NO.1 PANCOR

Authors

  • Muhamad Marzuki IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v16i2.197

Keywords:

Meningkatkan Prestasi Belajar, Solat Lima Waktu, Metode, dan Demonstrasi

Abstract

Pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa ( Berimtaq ) kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan yang hendak dicapai Pemerintah Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu pemerintah sejak orde baru telah mengadakan perluasan kesempatan memperoleh pendidikan bagi seluruh Rakyat Indonesia. Hal ini sesuai dengan bunyi pasal 31 ayat 1 UUD 1945, yang menyatakan bahwa: “Tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pendidikan”.

Seorang guru perlu menyadari bunyi dan isi pasal ayat Undang-Undang Dasar tersebut, setiap murid berhak mendapatkan pengajaran dan pendidikan yang sama terutama dalam pendidikan fiqih. Dalam tugasnya sehari-hari guru dihadapkan pada suatu permasalahan baik pendidikan dan pengajaran fiqih maupun ilmu lainnya, yaitu ia harus memberi pendidikan dan pengajaran yang sama kepada murid yang berbeda-beda. Perbedaan itu berasal dari lingkungan kebudayaan, lingkungan sosial, jenis kelamin dan lain-lain.

References

Permen Diknas No.13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah.

Depdikbud (1995) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Abdul Rachman Shaleh. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta:PT. Gemawinda Pancaperkasa.

Hairori Sahrul Hafiz. 2010 Improving Students’ Speaking Ability through Team Games Tournaments (TGT) for the Tenth Graders of MA. Al-Majidiayah NW Majidi in the School Year of 2010/2011. STKIP Hamzanwadi Selong.

Herawati Susilo. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media Publishing.

I wayan Santyasa. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). The paper was presented in Workshop Tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi para Guru SMP 2 dan 5 di Nusa Penida Klungkung, pada tanggal 30 Nopember s.d 1 Desember 2007. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Syaful Bahri Djamarah & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

W. James Popham & Eva L. Baker. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rochiati Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nana Sudjana. (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2004. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi). Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syam (2005) Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas di SMUN I Banjarmasin. Skripsi (unpublished)

Winkel, W. S (1991) Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Admin. 2010. Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Ibadah. (Pengambilan: 1-03-2011).

http//Manhijismd’s.wordpress.com

Downloads

Published

2019-08-06

How to Cite

Marzuki, M. (2019). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH PADA POKOK BAHASAN SHALAT LIMA WAKTU MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS III MI HAMZANWADI NO.1 PANCOR. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 16(2), 58–79. https://doi.org/10.37216/tadib.v16i2.197

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.