Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun

Authors

  • Sumarlin Hadinata Pascasarjana UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423

Keywords:

Metode Ummi, Anak Usia 7-13 Tahun, Al-Qur’an

Abstract

Untuk Meraih suatu keberhasilan dalam menjalankan suatu program, terutama dalam proses Mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik tidak terlepas dari pemilihan metode. Metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran atau menguasai kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam silabus mata pelajaran, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Akan tetapi metode yang digunakan tidak selalu cocok untuk peserta didik karena kadang-kadang metode yang digunakan tidak sesuai dengan keadaan peserta didik. Oleh karena itu metode Ummi sangatlah berpengaruh dalam sistem belajar mengajar terutama dalam pelajaran Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1. Menganalisis kemampuan yang di miliki anak usia 7-13 tahun yang belajar Al-Qur’an dengan Metode Ummi TPQ Darul Ulum Desa Teniga. 2. Menganalisis langkah-langkah penerapan Metode Ummi pada pembelajaran Al-Qur’an anak usia 7-13 di TPQ Darul Ulum Desa Teniga. 3. Menganalisis Problematika guru dalam menerapkan Metode Ummi pada pembelajaran membaca Al-Qur’an anak usia 7-13 tahun di TPQ Darul Ulum Desa Teniga. 4. Solusi guru dalam mengatasi problematika ketika menerapkan Metode Ummipada pembelajaran membaca Al-Qur’an anak usia 7-13 tahun di TPQ Darul Ulum Desa Teniga. Metode penelitain yang digunakan adalah metode kualitatif naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Secara garis besar, data dalam penelitian ini dikumpulkan dan diklarifikasikan ke dalam data kualitatif yaitu obeservasi, interview, angket serta dokumentasi. Di antara spesifikasi Metode Ummi adalah penggunaan model pembelajaran yang memungkinkan anak-anak usia 7-13 tahun akan mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Metode tersebut dibagi menjadi 4 (empat), yaitu: privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni. Hasil penelitian di lapangan, peneliti melihat cukup efektif metode ini diajarkan oleh guru Ummi di Desa Teniga. Dalam model pembelajaran Al-Qur’an , selain menarik dalam metode pembelajarannya, murid pun bisa terbantu dengan adanya alat peraga dan buku Kitabaty untuk menyimak bacaan yang diajarkan oleh guru Ummi Berdasarkan hasil wawancara kepada sebagian santri yang ada di TPQ di Desa Teniga, mayoritas santri bisa memahami materi tajwid dalam Metode Ummi. Metode Ummi di beberapa TPQ di Desa Teniga berjalan dengan efektif dan bisa diterapkan oleh siswa dalam proses pembelajaran Al-Qur’an.

References

Ahmad Munji Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran PAI .Bandung: Rifeka Aditama, 2009

Ahmad Saebani, Beni.Metode Penelitian, (Bandung : PustakaSetia, 2008

Arip Widodo, Mahbub Nuryadien, Ahmad Yani, Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia 7-13 Tahun Di Tpq Al-Falah 2 Desa Serangkulon Blok 01 Rt 01 Rw 01 Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon, Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah VOL 1 NO 2 ISSN 2407-6805

Budaiwi, Ahmad Ali, Imbalan dan hukuman pengaruhnya bagi pendidikan Anak. Jakarta:Gema InsaniPress,2002

Channa, Liliek. ’Ulum al-Quran dan Pembelajarannya. Surabaya: Kopertais IV Press, 2010.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT RemajaRosdakarya.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Dokumentasi, TPQ Darul Ulum 12 September 2020

Fadli Halil, Wawancara/ Intervew Jum’at 3 Agustus 2020

Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat, Yogyakarta: LkiS, 2009.

Mustofiyah, Siti “Perbandingan Implementasi Metode At-Tartil dan Metode „Utsmani dalam Pembelajaran Al-Qur‟an di TPQ Wildaniyah Jombang dan TPQ Nurul Mustofa Mojoagung Jombang,” Universitas Pesantren Tinngi Darul Ulum Jombang, 2010

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung) : PT. Remaja Rosdakarya, 2018

Observasi Awal. TPQ Darul Ulum Desa Teniga, 15 Agustus 2020

Observasi Awal. TPQ Darul Ulum Desa Teniga, 12 Agustus 2020

Observasi lanjutan, LPTQ Desa Teniga, 17 September 2020

Profil Ummi, http://UmmiFoundation.org/, diakses pada tanggal 13 Agustus 2020.

Rita L., A. Pengantar Psikologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.2010.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian, Bandung: CV Alfabeta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi Bandung: Alfabeta, 2002

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Altabeta, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Zarkasyi, 1987, Merintis Qira’ati,Semarang.Pendidikan TKA.

Downloads

Published

2021-03-14

How to Cite

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun . Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 60–79. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.