28-41 Konsep Iman, Kufur dan Nifaq

Authors

  • Yuni Puspitaningrum IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v18i2.374

Keywords:

Tauhid, Iman, Kufur dan Nifaq

Abstract

The science of tawhid is one of the main sciences that must be taught properly to every Muslim. The science of monotheism occupies a very important position. Because, it is the basis for every Muslim in order to believe in the oneness of Allah Almighty. because, errors in teaching the science of tauhid will result in misunderstandings, even misguidance. This is conceptualized in Iman, Kufr and Nifaq as well as social issues that occur in society and aims to provide information and teaching about these concepts so that all Muslims know the importance of the concept of tauhid science. There are several methods that can be applied in the science of tawhid, where each method has various advantages and disadvantages. In order to apply these methods in teaching, teaching policies are needed.

 

Ilmu tauhid merupakan salah satu ilmu pokok yang harus diajarkan secara baik kepada setiap umat Muslim. Ilmu tauhid menempati kedudukan yang sangat penting. Sebab, ia merupakan dasar bagi setiap umat Muslim dalam rangka mengimani keesaan Allah Swt. karena, kesalahan dalam pengajaran Ilmu tauhid akan mengakibatkan terjadinya kesalahpahaman, bahkan kesesatan. Hal ini dikonsep dalam Iman, Kufur dan Nifaq serta isu-isu sosial yang terjadi di kalangan masyarakat dan bertujuan untuk memberikan informasi serta pengajaran tentang konsep tersebut agar semua umat Muslim mengetahui pentingnya konsep Ilmu tauhid. Ada beberapa metode yang bisa diaplikasikan dalam Ilmu tauhid, dimana masing-masing metode memiliki berbagai kelebihan dan kelemahan. Dalam rangka penerapan metode-metode tersebut dalam pengajaran, maka kebijakan pengajar sangat diperlukan

References

Ahmad. Muhammad. 2009. Tauhid Ilmu Kalam. Bandung: CV Pustaka Jaya.

Ainiyah. Qurrotul dan Karsiyah. 2017.Konsep Kesatuan Iman. Iptek dan Amal Menuju Terbentuknya Insan Kamil dalam Perspektif Pendidikan Islam.Volume 2. Nomor 2. Januari-Juni.

Elliyas. Bambang. 2003. Implementasi Tauhid di dalam Syarikat Islam. Jurusan Aqidah Filsafat. Fakultas Ushuluddin. IAIN Sunan Kalijaga.

Hadi. Abdul. 2013. Metode Pengajaran Ilmu Tauhid.Al ‘Ulum Vol.56 No.2 April.

Jalil. Mat. 2018. Falsafah Hakikat Iman Islam Dan Kufur. Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 2. No. 2

Saepudin Moh. Dindin. 2017. M.Solahudin, Izzah Faizah Siti Rusydati Khairani. Iman Dan Amal Saleh Dalam Alquran (Studi Kajian Semantik). Al-

Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir 2. 1. Juni.

Tarmizi. Erwandi. 2007. Universitas Islam Madinah Bidang Riset dan Kajian Ilmiah. Rukun Iman

Downloads

Published

2020-12-10

How to Cite

Puspitaningrum, Y. . (2020). 28-41 Konsep Iman, Kufur dan Nifaq. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 18(2), 28–41. https://doi.org/10.37216/tadib.v18i2.374

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.