Implementasi Supervisi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pendidik dalam Sistem Pembelajaran di Sekolah

Authors

  • Ahmad Khaerul Kholidi Universitas Nahdaltul Watahan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v23i1.2240

Keywords:

Educational Supervision, Educator Quality, Learning System, Teacher Professional Development, Improving the Quality of Education

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi supervisi pendidikan di satuan pendidikan dan sejauh mana kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pendidik dalam sistem pembelajaran. Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kompetensi pendidik, sehingga pengawasan menjadi instrumen vital dalam pengembangan guru profesional. Supervisi pendidikan diartikan bukan sebagai pengawasan semata, melainkan sebagai proses pelatihan profesional yang sistematis, berkelanjutan, dan terfokus pada peningkatan kinerja guru. Pengawasan pelaksanaan umumnya meliputi tahap perencanaan kebutuhan, pelaksanaan melalui observasi kelas, pembinaan, pendampingan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Peran kepala sekolah sebagai pengawas sangat sentral dalam menciptakan iklim yang kolaboratif dan suportif. Pendekatan supervisi yang efektif berubah dari model otoriter menjadi fasilitator dan mitra bagi guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengawasan yang terencana dan dilaksanakan dengan baik memberikan dampak yang signifikan. Pertama, supervisi secara langsung meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, dan personal guru, yang mencakup kemampuan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Kedua, pengawasan yang mendorong pengembangan profesionalisme berkelanjutan dan inovasi dalam praktik mengajar. Ketiga, dampak yang diperoleh dari peningkatan kualitas pendidik ini adalah peningkatan mutu pembelajaran di kelas, yang terlihat dari keterlibatan siswa yang lebih baik, pemahaman materi yang mendalam, dan pencapaian hasil belajar yang optimal. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, seperti kurangnya kompetensi pengawas, keterbatasan waktu, dan sumber daya. Oleh karena itu, diperlukan solusi komprehensif berupa pelatihan supervisor yang berkelanjutan, perubahan paradigma supervisi menjadi lebih kolaboratif, serta dukungan sistem dan teknologi untuk memastikan supervisi pendidikan dapat berjalan efektif sebagai pendorong utama peningkatan kualitas pendidik dan mutu pendidikan secara keseluruhan

References

Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi akademik di SMP Negeri 12 Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 3(2), 214-225.

D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan kualitas pembelajaran melalui pelatihan pemilihan model pembelajaran dan pemanfaatan media ajar di sekolah dasar wilayah perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125-132.)

Gopalakrishnan, A., & Badhulika, S. (2021). Hierarchical architectured dahlia flower-like NiCo2O4/NiCoSe2 as a bifunctional electrode for high-energy supercapacitor and methanol fuel cell application. Energy & Fuels, 35(11), 9646-9659.

Gorse, C., McKinney, I., Shepherd, A., & Whitehead, P. (2006). Meetings: Factors that affect group interaction and performance. Proceedings of the Association of Researchers in Construction Management, 4-6..

Hm, M. A. (2019). Menciptakan pembelajaran efektif melalui hypnoteaching. Ekspose: jurnal penelitian hukum dan pendidikan, 16(2), 469-480.

Huaimi, A., & MAZ, H. (2019). Pembelajaran Kooperatif Dan Prestasi Belajar: Konsep Model pembelajaran Structured Dyadic Methods. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.37216/tadib.v15i1.174

Imam Kurniawan, K. U. R. (2019). Supervisi Kepala Madrasah di MTs Raden Intan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Diss. Pascasarjana Magister.

Monawati, M., & Fauzi, F. (2018). Hubungan kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar siswa. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(2).

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi akademik untuk meningkatkan motivasi kerja guru dalam membuat perangkat pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941.)

Nugrahani, I. S., Sari, Y. N., Lase, D. R., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Di SMP Anak Terang Salatiga. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 337-349.

Nugrahani, I. S., Sari, Y. N., Lase, D. R., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). Implementasi Tindak Lanjut Evaluasi Hasil Belajar Di SMP Anak Terang Salatiga. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 337-349.

Nurcholiq, M. (2017). Supervisi klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-25.

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Workshop dan Pelatihan Pembelajaran Lesson Studi Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 17-24.

Ridho, Rosyid. (2013). Pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Samsuadi, S. (2015). Pengaruh supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2).

Sujono AR, H. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 18(1). https://doi.org/10.37216/tadib.v18i1.349

Turney, P. B. (1992). Activity based costing. Management Accounting Handbook.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Khaerul Kholidi, A. (2025). Implementasi Supervisi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pendidik dalam Sistem Pembelajaran di Sekolah. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 23(1), 57–68. https://doi.org/10.37216/tadib.v23i1.2240

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.