INTEGRASI PSIKOLOGI DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM
(Paedagogik Kritis)
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v15i2.185Keywords:
Psikologi dan Pendidikan IslamAbstract
Psikologi dan hakikat pendidikan sebagai suatu yang fundamental dalam bentuk komunikasi antar-pribadi dan kemudian dalam proses komunikasi tersebut terjadi proses pemanusiaan manusia muda, artinya proses terjadinya hominisasi (proses menjadi) dan humanisasi (proses Pengembangan), untuk itu sebagai pelaku pendidikan haruslah bertindak sebagai kapasaitasnya menjadi manusia. Selanjutnya hakikat pendidikan, bahwa pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik yang melalui beberapa proses sehingga tercapainya pribadi yang susila.
integrasi psikologi dalam pendidikan islam sangat urgen dipahami dan diterapkan dalam dunia pendidikan itu sendiri, menumbuhkan kesadaran sebagai stakeholder pendidikan akan pentingnya melihat peserta didik dan dunia pendidikan sebagai obyek terus bergerak dinamis sehingga penerapan metode yang tranformatif sangat dibutuhkan, semoga tulisan ini memberikan wawasan keilmuan bagi pembaca dan menemukan hal baru demi kemajuan pendidikan bersama
References
Arifin, H. Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Edisi Revisi 2009.
Bastaman, Hanna Jumhana, Integrasi Psikologi dengan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Buchari, Ilmu Pendidikan Dan Praktek Pendidikan Dalam Renungan, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994.
Collins, Denis, Paulo Freire Kehidupan, Karya Dan Pemikirannya, Yogyakarta: pustaka Pelajar.
Dewantara, KI Hadjar, Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977.
Freire, Paulo, Pendidikan Kaum Tertindas, Terj. Utomo Danandjaya dan Mansour Faqih Jakarta: LP3ES, 2011.
Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.
Lie, Anita, Cooperative Learning (Memperaktikkan Coferative Learning Di Ruang-Ruang Kelas), Jakarta: Grasindo, 2002.
Muhajir, As’aril, Ilmu Pendidikan Prespektif Kontekstual, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Nashori, H. Fuad, Agenda Psikologi Islam, Seri Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Nata, H. Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Multi Disipliner, Normatif Prenialis, sejarah, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan Politik Hukum, Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Rachmahana, Ratna Syifa’a, Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam pendidikan, Jurnal pendidikan Islam Al-Tarbawi, N0. 1. Vol. I, 2008..
Satiadarma, Monty P. dan Fidelis E. Waruwu, Mendidik Kecerdasan, Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru dalam Mendidik Anak Cerdas, Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2003.
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Sinar Baru, 2005.
Suwignyo, Agus, Pendidikan Tinggi dan Goncangan Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Integrasi Jasmani, Rohani dan kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: Rosda Karya, 2010.
Zamroni, Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi, Prakondisi Menuju Era Globalisasi, Jakarta: PSAP, 2007.