Urgensi dan Problematika Pendidikan Nilai di Era Society 5.0

Authors

  • Muhammad Farhan Mujib UIN Salatiga
  • Mukh Nursikin UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v22i2.1857

Keywords:

Inovasi, Organisasi, Pendidikan

Abstract

Abstract

 

Era Society 5.0 ditandai dengan integrasi antara ruang digital dan ruang fisik, menghadirkan peluang dan tantangan baru bagi pendidikan. Salah satu aspek penting yang perlu mendapat perhatian adalah pendidikan nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi dan problematika pendidikan nilai di era Society 5.0. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data melalui sumber referensi buku, artikel, karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai di era Society 5.0 menjadi semakin penting untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi kompleksitas dunia digital. Nilai-nilai seperti keagamaan, nasionalis, kolaborasi, kemandirian, perlu ditanamkan pada peserta didik. Dengan mengatasi problematika dan menerapkan solusi yang tepat, pendidikan nilai di era Society 5.0 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang berkarakter mulia, cakap dalam menggunakan teknologi, dan mampu berkontribusi positif bagi kehidupan masyarakat.

 

 

The Society 5.0 era is characterized by integration between digital space and physical space, presenting new opportunities and challenges for education. One important aspect that needs attention is values ​​education. This research aims to examine the urgency and problems of values ​​education in the Society 5.0 era. A descriptive qualitative approach is used to collect data through reference sources such as books, articles, scientific papers related to the topic of discussion. The research results show that values ​​education in the Society 5.0 era is becoming increasingly important to prepare the younger generation to face the complexity of the digital world. Values ​​such as religion, nationalism, collaboration, independence, need to be instilled in students. By overcoming problems and implementing appropriate solutions, it is hoped that values ​​education in the Society 5.0 era can produce a young generation with noble character, capable of using technology, and able to contribute positively to society's life.

 

 

References

Daftar Pustaka

Agustini, Ketut. (2017). Inovasi Teknologi dalam Pendidikan melalui Big Data Analytic dan Personalized Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-8. Bali, 9 September 2017

Damopoli, M. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya Pemecahannya. Jurnal Nasional Manajemen Pendidikan Islam. (3) 5.

Ernawati. (2021). Berhenti Sesaat Untuk Melesat. Yogyakarta: Budi Utama.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for New Human-Centered Society. Japan Spotlight.

Fitrajaya, Eka., dkk. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan Guna Deteksi Kesalahan Siswa.

Keban, Y. B. (2022). Pentingnnya Pendidikan karakter di Era Society 5.0. Jurnal Reinha.

Meutia, E. D. (2015). Internet of Things – Keamanan dan Privasi. Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro, pp. 85-89, 2015.

Sukarno, Mohamad. (2020). “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0” dalam Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi UMBY. Februari: 32-37.

Suwardini, N. P. (2020). Quo Vadis Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI Press.

Syahril, & Zen, Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Umro, J. (2021). Inovasi Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Jurnal Al-Makrifat.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Farhan Mujib, M., & Nursikin, M. (2024). Urgensi dan Problematika Pendidikan Nilai di Era Society 5.0. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 22(2), 103–114. https://doi.org/10.37216/tadib.v22i2.1857

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.