Implementasi Model Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v22i2.1866Keywords:
Kata kunci : Implementasi, Model Time Token, Rasa Percaya DiriAbstract
Abstract
Self-confidence can be defined as the belief that each person has about themselves in life and how they view themselves as a whole, referring to their self-concept. The lack of student activity and the high number of passive students during the learning process significantly affects the understandingand self-confidence of students in the classroom. This study aims to determine the activities of teachers and students using the Time Token learning model to increase students' self-confidence. The research method used is a qualitative method with the type of research being Classroom Action Research (CAR), which consists of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The implementation of the Time Token learning model to increase students' self-confidence was conducted in two cycles, with each cycle consisting of two meetings. The subjects of this study were 39 eighth-grade students from SMPN 1 Karawang Timur. The data collection techniques included observing teacher activities in implementing the Time Token learning model and observing student activities to increase their self-confidence. Based on data analysis results, it was found that teacher activity in the first cycle was 62.50% with a sufficient category, and it increased in the second cycle to 88.75% with a very good category. Meanwhile, the increase in student self-confidence in the first cycle obtained an average score of 56.73% with a poor category, and after improvements in the subsequent meeting, it increased in the second cycle to 81.41% with a good category. Thus, it can be concluded that the implementation of the Time Token learning model can increase the self-confidence of eighth-grade students at SMPN 1 Karawang Timur.
Abstrak
Rasa percaya diri dapat diartikan sebagai keyakinan yang dimiliki setiap orang tentang dirinya dalam kehidupan dan bagaimana ia memandang dirinya secara keseluruhan dengan mengacu pada konsep dirinya. Kurangnya keaktifan peserta didik dan banyaknya peserta didik yang pasif pada saat pembelajaran berlangsung sangat mempengaruhi pada pemahaman dan rasa percaya diri peserta didik ketika didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Time Token untuk meningkatan rasa percaya diri peserta didik Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Karawang Timur yang berjumlah 39 orang. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Time Token dan observasi aktivitas peserta didik untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus 1 62,50% dengan kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 88,75% dengan kategori sangat baik Sedangkan peningkatan rasa percaya diri peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 56,73% dengan kategori kurang dan setelah melakukan perbaikan pada pertemuan selanjutnya kemudian mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81,41% dengan kategori baik Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VIII di SMPN I Karawang Timur.
References
Daftar Pustaka
Asep A, A. dkk. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan agama islam, 12, 136.
Asrori, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. PT Sandiarta Sukses.
Daradjat, Z., & Muchtarom, Z. (1984). Dasar-dasar agama Islam: buku teks pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Bulan Bintang. https://books.google.co.id/books?id=Cq3cGwAACAAJ
Duhaamis. (2023). Metode Pembelajaran Time Token: Menjadikan Waktu Sahabat dalam Proses Belajar Mengajar. https://perpusteknik.com/metode-pembelajaran-time-token/
Dwi Ratna Ningzaswati, A.A.I.N Marhaeni, I. W. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajarn IPA Siswa Kelas VI SD. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 12.
Hariyanto, S. dan. (2011). Belajar dan pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Rosdakarya.
Husain Usman, D. (2006). Metodologi penelitian sosial. PT Bumi Aksara.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Alfabeta.
Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka bekijar.
Mahfiroh. (2023). Kelas Yang Nyaman dan Menyenangkan (S. Hardjono (ed.)). Mutiara Aksara.
Manap solihat, melly maulin p, olih solihin. (2014). Interpersonal Skill Tips Membangun Komunikasi dan Relasi. Rekayasa sains.
Mardhiyana, D. (2022). Model-Model Pembelajaran. PT Sada Kurnia Pustaka.
Miftahul Huda, M. P. (2020). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (V). pustaka pelajar.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Penerbit Parama Ilmu.
Parwanti. (2020). Pembelajaran Koopeartif Model Permainan Dalam Pembelajaran IPS SMP. Penerbit Adab.
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran (Cetakan I). Kencana Prenada Media Group.
Rusdianto. (2020). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. DIVA Press.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar- Ruzz Media.
Taylor, R. (2013). Kiat-kiat PEDE untuk meningkatkan rasa Percaya Diri. Gramedia Pustaka Utama.
Wahyudin. (2009). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Grasindo.
Wina Sanjaya. (2005). Strategi Pembelajaran. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bunga Yuliana Zahrotul Afiah , Abdurrohim, Taufik Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.