Urgensi Kepemimpinan Inovatif

Studi Kasus Kepala Sekolah Dasar Darul Ulum Pasuruan

Authors

  • H. Djoko Hartono UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v18i1.348

Keywords:

inovasi kepemimpinan, model pelaksanaan, alasan pelaksanaan

Abstract

Riset ini sesungguhnya membahas tentang kepemimpinan inovatif pada institusi pendidikan sekolah dasar yang bernuansa Islam di kota Pasuruan Jawa Timur. Model kepemimpinan inovatif seperti ini tentu sangat dibutuhkan di era penuh perubahan dan tantangan serta persaingan seperti saat ini. Dalam riset ini peneliti berkepentingan selain untuk mengungkap kepemimpinan inovatif yang ada, juga berusaha mengetahui model kepemimpinan inovatif yang dilakukan serta berbagai alasan kepemimpinan inovatif dilakukan oleh kepala sekolah tersebut.

Selanjutnya peneliti melakukan pra-riset dan riset secara mendalam. Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan peneliti menggunakan metode interview terstruktur/ wawancara terstandar maksudnya adalah wawancara dengan menggunakan sejumlah pertanyaan yang terstandar secara baku. Setelah data terkumpul maka peneliti menganalisisnya dengan menggunakan pendekatan analisis fungsionalisme dan analisis kritis.

Hasil penelitian ini nanti dimungkinkan pertama, mendukung teori-teori atau hasil penelitian terdahulu yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan riset ini; kedua, mengembangkan teori-teori yang sudah ada atau hasil penelitian terdahulu; ketiga yakni justru menolak/tidak mendukungnya; keempat, menjadi temuan baru.

Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yakni  kepemimpinan inovatif dilakukan kepala SD Darul Ulum Pasuruan, model pelaksanaan kepemimpinan inovatif yang dilakukan di institusi ini menggunakan model evolusioner dan atau revolusioner sekaligus. Adapun berbagai alasan pelaksanaan kepemimpinan inovatif yang dilakukan kepala sekolah yakni dalam rangka merubah dan memperbaiki keadaan sekolah yang belum mapan agar menjadi lebih mapan, yang tidak baik menjadi lebih baik, yang tidak berkualitas menjadi lebih berkualitas dan merubah stigma negative sekolah bernuansa Islam menjadi memiliki stigma positif

References

A. Syafi’I, “Pengantara Editor”. Dalam, Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Afandi, A. Khozin Buku Penunjang Berpikir Teoritis Merancang Proposal, Surabaya: PPs IAIN Sunan Ampel, 2006

Anshori LAL, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010

Bahruddin, Ahmad, Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah, Yogyakarta: LkiS, 2007

David, Fred R. Manajemen Strategis Konsep, Jakarta: PT. Prenhallindo, 2002

Djam’an Satori & Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010

Djoko Hartono, Pengembangan Manajemen Pondok Pesantren Di Era Globalisasi, Menyiapkan Pondok Pesantren Go Internasional, Surabaya: Ponpes Jagad ‘Alimussirry, 2012

Fakih, Aunur Rohim & Iip Wijayanto, Kepemimpinan Islam, Yogyakarta: UII Press, 2001

Fattah, Nanang Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004

Hartono, Djoko Pengembangan Life Skills Dalam Pendidikan Islam: Kajian Fondasional & Operasional, Surabaya: MQA, 2008

Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Nasution,Nur Manajemen Perubahan, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010

Nur Ali Rahman, El-Hikmah:Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, Malang:UIN Malang, 2005 Vol.III No.1

Sallis,Edward, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD, 2010

Syafi’ie, Inu Kencana, Manajemen Pemerintahan, Jakarta: PT. Perca, 2008

Winardi, Manajemen Perubahan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Downloads

Published

2020-09-21

How to Cite

Hartono, H. D. . (2020). Urgensi Kepemimpinan Inovatif: Studi Kasus Kepala Sekolah Dasar Darul Ulum Pasuruan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 18(1). https://doi.org/10.37216/tadib.v18i1.348

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.