Urgensi Kepemimpinan Inovatif
Studi Kasus Kepala Sekolah Dasar Darul Ulum Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v18i1.348Keywords:
inovasi kepemimpinan, model pelaksanaan, alasan pelaksanaanAbstract
Riset ini sesungguhnya membahas tentang kepemimpinan inovatif pada institusi pendidikan sekolah dasar yang bernuansa Islam di kota Pasuruan Jawa Timur. Model kepemimpinan inovatif seperti ini tentu sangat dibutuhkan di era penuh perubahan dan tantangan serta persaingan seperti saat ini. Dalam riset ini peneliti berkepentingan selain untuk mengungkap kepemimpinan inovatif yang ada, juga berusaha mengetahui model kepemimpinan inovatif yang dilakukan serta berbagai alasan kepemimpinan inovatif dilakukan oleh kepala sekolah tersebut.
Selanjutnya peneliti melakukan pra-riset dan riset secara mendalam. Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan peneliti menggunakan metode interview terstruktur/ wawancara terstandar maksudnya adalah wawancara dengan menggunakan sejumlah pertanyaan yang terstandar secara baku. Setelah data terkumpul maka peneliti menganalisisnya dengan menggunakan pendekatan analisis fungsionalisme dan analisis kritis.
Hasil penelitian ini nanti dimungkinkan pertama, mendukung teori-teori atau hasil penelitian terdahulu yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan riset ini; kedua, mengembangkan teori-teori yang sudah ada atau hasil penelitian terdahulu; ketiga yakni justru menolak/tidak mendukungnya; keempat, menjadi temuan baru.
Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yakni kepemimpinan inovatif dilakukan kepala SD Darul Ulum Pasuruan, model pelaksanaan kepemimpinan inovatif yang dilakukan di institusi ini menggunakan model evolusioner dan atau revolusioner sekaligus. Adapun berbagai alasan pelaksanaan kepemimpinan inovatif yang dilakukan kepala sekolah yakni dalam rangka merubah dan memperbaiki keadaan sekolah yang belum mapan agar menjadi lebih mapan, yang tidak baik menjadi lebih baik, yang tidak berkualitas menjadi lebih berkualitas dan merubah stigma negative sekolah bernuansa Islam menjadi memiliki stigma positif
References
A. Syafi’I, “Pengantara Editor”. Dalam, Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Afandi, A. Khozin Buku Penunjang Berpikir Teoritis Merancang Proposal, Surabaya: PPs IAIN Sunan Ampel, 2006
Anshori LAL, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010
Bahruddin, Ahmad, Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah, Yogyakarta: LkiS, 2007
David, Fred R. Manajemen Strategis Konsep, Jakarta: PT. Prenhallindo, 2002
Djam’an Satori & Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010
Djoko Hartono, Pengembangan Manajemen Pondok Pesantren Di Era Globalisasi, Menyiapkan Pondok Pesantren Go Internasional, Surabaya: Ponpes Jagad ‘Alimussirry, 2012
Fakih, Aunur Rohim & Iip Wijayanto, Kepemimpinan Islam, Yogyakarta: UII Press, 2001
Fattah, Nanang Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004
Hartono, Djoko Pengembangan Life Skills Dalam Pendidikan Islam: Kajian Fondasional & Operasional, Surabaya: MQA, 2008
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Nasution,Nur Manajemen Perubahan, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010
Nur Ali Rahman, El-Hikmah:Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, Malang:UIN Malang, 2005 Vol.III No.1
Sallis,Edward, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD, 2010
Syafi’ie, Inu Kencana, Manajemen Pemerintahan, Jakarta: PT. Perca, 2008
Winardi, Manajemen Perubahan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 H. Djoko Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.