Model Penanaman Nilai Islami Melalui Program Imtaq Berbasis Pendidikan Karakter Ditingkat Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Muh. Zakaria IAI Hamzanwadi Pancor
  • Siti Sakdiyah IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v21i2.1306

Keywords:

Internalisasi, Pendidikan, Karakter, Imtaq.

Abstract

Abstrak

Peneltian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Pendidikan karakter dapat membentuk akhlak siswa dan bentuk internalisasi Pendidikan karakter yg ada di MTs NW Praida kroya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Internalisasi Nilai.  Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Program IMTAQ dapat membentuk karakter siswa sehingga membentuk akhlakul karimah siswa di MTs. NW selain itu juga terbentuknya kemampuan gognitif, apektif serta psikomotorik siswa dilingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, berikutnya terkait dengan penanaman nilai (Internalisasi) pendidikan karakter melalui beberapa kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha, pembacaan Al-Qur’an, ceramah, sholawat yang dilaksanakan mulai dari hari selasa sampai hari jum’at

References

Abdul, Ishak, Moral dan Kognisi Islam Bandung, CV:Alfabeta, 1993

Abidin Zainal Muhammad, Paradigma Islam Dalam Pembangunan Ilmu Integralistik Banjarmasin: CV: Aswaja Pressindo, 2016

Al-Qaradhawi, Yusuf, Fikih Thaharah , Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2004.

Anwar, Rosihan, Akidah Akhlak CV: Pustaka Setia, 2008

Arikunto, suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Fitriani, Iwan Dan Abdulloh Saumi, Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program IMTAQ Dalam Membentuk Kepribadian Siswa, el–Midad Jurnal Jurusan PGMI, No.2 vol.10 UIN Mataram, 2018

Imron, Ali, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

J. Moleong, lexy, metodologi pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002

, Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018

Kafadi, Rahasia Keutamaan Dan Keistimewaan Shalawat , Pustaka Media, 2002.

Mahmud, Pemikiran pendidikan Islam Bandung: Pustaka setia, 2011

Mashuri Imam dan Ahmad Aziz Fanani, Internalisasi nilai-nilai akhlak Islam dalam membentuk karakter siswa SMA Al-kautsar sumbersari srono Banyuwangi, Ar-Risalah : Media keIslaman, pendidikan dan Hukum Islam, No.1 Vol.19 April 2021

Mastur, Pendidikan Kewarganegaraan, Semarang : CV Aneka Ilmu, 2006.

Mawardi, Muhijiddin, dkk., Akhlak lingkungan Yogyakarta : Pimpinan Pusat Muhammadiyah, cet I, 2011

Muslich, Manshur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mustofa, Akhlak tasawuf CV:Pustaka Setia, 2014

Nata, abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam Jakarta: PT Grafindo Persada, 2012

Nawawi, imam, Ambyan Fi Adabi Hamalan Al-Quran bairut: Darul kitab Al-Qurabi, 2000

Noor, Syamsuddin, Dahsyatnya Do’a Ibu Cet.3, Jakarta: Pustaka Al-Mawardi, 2007

Rohman, safikri, Implementasi Kegiatan IMTAQ dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Berakhlakul Karimah Di Madrasah Aliyah NW Pringgasela, Iaih Nwdi Pancor,2019

S.Nasution , Metodologi Research (Penelitian ilmiah Bumi aksara, 2001

Samani, muchlas dan Harianto, Konsep dan Model pendidikan karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan Bandung: Alfabeta, 2017

Suwartini, Sri, Pendidikan Karakter Dan Pengembangunan Sumber Daya Manusia keberlanjutan, Trihayu Jurnal pendidikan ke-SD-an, vol September, 2017

Uhbiyati, nur, Ilmu pendidikan Islam Bandung: CV: Pustaka Setia, 2005

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Zakaria, M., & Sakdiyah, S. . (2023). Model Penanaman Nilai Islami Melalui Program Imtaq Berbasis Pendidikan Karakter Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(2), 150–162. https://doi.org/10.37216/tadib.v21i2.1306

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.