KONSEP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Muh. Ihsan IAI HAMZANWADI NW PANCOR
  • Khairul Hafizin IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v16i1.190

Keywords:

Pendidikan, Konsep, Nilai, Pendidikan Karakter, al-Qur’an.

Abstract

Indonesia mengalami ketidakstabilan dalam berbagai aspek kehidupan, kesenjangan sosial terjadi di mana-mana di bidang pemerintahan terjadi  korupsi, kolusi, nepotisme. Kriminalisasi sosial, seperti pembegalan, pembunuhan, penyalahgunaan barang terlarang. Kemudian yang terjadi kesenjangan di kalangan muda, yaitu pergaulan bebas, westernisasi, perkelahian antar kelompok, aborsi, trek-trekkan, pesta narkoba. Melihat kejadian ketidaksesuaian kehidupan sosial masyarakat diperlukan pembenahan moral dan kekuatan keagamaan religiusitas, dalam hal ini dibutuhkan pendidikan karakter sebagai obat kegaduhan kehidupan masyarakat. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Apa saja nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an? 2. Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter dalam al-Qur’ān?

Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Sumber data primer bersumber dari Pendidikan dalam Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai karakter sebagai berikut: nilai religius, nilai nasionalis, nilai ikhlas, nilai sabar, nilai pemberani, nilai persatuan, nilai kebaikan, nilai ketaatan, nilai istiqamah, nilai amanah, nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai rasa ingin tahu, nilai berbakti, nilai toleransi, nilai tawakkal, nilai saling menasihati, nilai hormat, nilai sosial, nilai disiplin, nilai teladan, dan nilai kerja keras.

Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran, acuan, dan rujukan tentang nilai pendidikan karakter dan dapat menjadi kontribusi bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan.

References

Al-Ghazali, Mutiara Ihya’ Ulumuddin, Terj. Irwan Kurniawan, Bandung: Pt. Muzan Pustaka, 2008.
Al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin, Terj. Purwanto, Bandung: Marja, 2006.
As’ad, Aliy, Terjemahan Ta’limul Muta’allim; Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, Kudus: Menara Kudus, 2007.
Anonim, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.
Amirudin, Yoyok, Konsep Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pendidikan Nilai Karakter, Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Hamid, Hamdani, Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Mushaf Aminah, Al-Qur’an Dan Terjemahan, Jakarta: Insan Media Pustaka, 2006.
Kesuma, Dharma, Cepi Triatna, Johar Permana, Pendidikan Karakter; Kajian Teori Dan Praktek Di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Koesoema, Doni A, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak Di Zaman Modern, Jakarta: Grasindo, 2007.
Mahbubi, Pendidikan Karakter; Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta, 2012.
Majid, Abdul, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Cet, Ke-2, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Maksudin, Pendidikan Karakter Non Dikotomik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Samani, Muchlas, Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Cet. Ke-3, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Pimpinan MPR Dan Tim Kerja Sosialisasi MPR Ri Periode 2009-2014, Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Cet. Ke-5, Jakarta: Sekertariat Jenderal Mpr Ri, 2015.
Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah, Vol-2, Lentera Hati, Tt.
Syafri, Ulil Amri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Cet. Ke2, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Samani, Muchlas, Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Cet. Ke-3, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Undang-Undang Pendidikan Nasional, Cet. Ke-4, Yogyakarya: Pustaka Pelajar, 2011.

Downloads

Published

2019-08-06

How to Cite

Ihsan, M., & Hafizin, K. (2019). KONSEP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 16(1), 36–69. https://doi.org/10.37216/tadib.v16i1.190

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.