25-59 Pengembangan Mutu Sekolah Berbasis Kemitraan:

Analisis Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten Jakarta

Authors

  • Sayuti Hamdani Dosen Agama Islam UPN Jakarta

Keywords:

Kemitraan, Komite Sekolah, Mutu Pendidikan

Abstract

Kesimpulan dalam tulisan ini menunjukkan bahwa komite sekolah memiliki tanggung jawabkerjasama bersama para stake holderPendidikan sebagaimana diatur dalam konstitusi yang terwujud melalui ketetapan Undang – Undang No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 56 ayat 1 : bahwa masyarakat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan yang meliputi perencanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan melalui dewan pendidikan dan komite.

Masyarakat melalui komite memiliki peran yangdiwujudkan melalui kerjasama orang tua siswa melalui komite sekolah (Jami’yyah). Partisipasi komite sekolahdi SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten yang paling tinggi adalah dukungan dana, support pemikiran, dan tenaga sedangkan peran komite sekolah  dalam aspek pengawasan kegiatan dan program sekolah masih lemah.

Komite sekolah harus lebih memaksimalkan fungsi dan peranya sebagai  Badan Pertimbangan (Advisory Agency),Komite Sebagai Badan Pertimbangan Dalam Pengembangan Kurikulum dan Sumber Daya Pendidikan,Sebagai Badan Pendukung (Supporting Agency) Sekolah,Komite sebagai Sebagai badan  pengontrol (controlling agency),Badan Penghubung (Mediator Agency) Dengan Orang Tua Dan Masyarakat sehingga komite bisa maksimal membantu sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten

References

Azra,Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi Dan Moderniasasi Menuju Milenium Baru,Jakarta: Logos, 1999.

Azwar,Syaifuddin,Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.

Arsyad, Azhar,Media Pembelajaran (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Ary, D. Introduction To Research In Education, Canada: Cengange Learning, 2010.

A. Locke Edwin and Associaties, The Essense Succesfully, Alih Bahasa Oleh Indonesian Translation Dengan Judul Esensi Kepemimpinan: Empat Kunci Pemimpin Dengan Penuh Keberhasilan, Jakarta:Mitra Utama, 2002.

Arifin dan Barnawi, Sistem Penjaminan Mutu Pendidian Teori Dan Praktik, Yogyakarta: Arr- Ruzz Media, 2017.

Asmani, Komptensi Guru Menyenangkan Dan Profesional (Yogyakarta: Power Book IHDINA, 2009.

.

Bafadal,Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

B. Crosby Philip, Quality Is Free,New York : McGraw-HILL Book Co, 1979.

Cadwel Brian J. Dan SpinkJim M. , Student Outcomensand The Reform Of Education Beyond The Self-Managing School ,Hongkong: Graphicraft, 1998.

De Grauwe, Anton, Improving The Quality Of Education Through School Based Management: Learning From International Experiences (Hamburg: International Institut For Education, 2005.

Deming,W.E. The Deming Management Method, New York: Dodd, 1986.

Deming Dalam Jerome S Arcaro (Diterjemahkan Oleh Yosal Iriantara) Pendidikan Berbasis Mutu ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Departemen Pendidikan Nassional, 2000.

Depdiknas, Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menegah Atas Dan Madrasah Aliyah, (Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003

Depdiknas RI, Standar Nasional Pendidikan (PP RI No. 19 tahun 2005) (Jakarta:Sinar Cendekia, 2006

Dally,Dadang, Balanced Score Card Suatu Pendekatan Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Danim,Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif ,Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Otonomi Manajemen Sekolah,Bandung: Alfabeta, 2010.

Visi Baru Manajemen Sekolah ,Jakarta:Bumi Aksara, 2012.

Darmadi,Hamid, Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial KonsepDasar dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2013.

Gaspersz,Vincent, Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep – Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total,Jakarta: PT. Gramedia, 1997.

Hatch, J. Amos, Doing Qualitative Research In Education Settings,New York: State University Of New York, 2002.

Hadis dan Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan ( Bandung: Alfabeta, 2012.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor

Mulyasa,Dedy, Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing,Bandung: Remaja Rosda Karya,2011.

Malik Fajar,Abdul,Visi Pembaharuan Pendidikan Islam,Jakarta: LP3NI, 1998.

Moleong,Lexi J,Metodelogi Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2010.

Mulyasana, Dedy Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

M. Arifin, Barnawi, Sistem Penjaminan Mutu Pendidian Teori Dan Praktik (Yogyakarta: Arr- Ruzz Media, 2017.

Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management),Bogor: Ghalia Indonesia,2004, Cet Ke- 3.

Nurdin,Diding, Manajemen Pendidikan Dalam Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan,Bandung: Imprial Bakti Utama, 2007.

Nawawi, Hadari Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 19 Tahun 2007 Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan mutu Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 tahun 2007 Tentang

Sudrajat,Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah ,Bandung: Cipta Cetas Grafika, 2005.

S. Arcaro,Jerome, Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip – Prinsip Dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Sagala,Saiful, Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi Dan Pemberdayaan Potensi Sekolah Dalam Sistem Otonomi Sekolah ,Jakarta: Alfabeta, 2011.

Sallis,Edawar, Total Quality Management In Education, Alih Bahasa Ali Riyadi & Fahruurozi, Jogjakarta: IRCiSod,2008.

Sergiovanni,Thomas,“Leadership Of Education”Dalam Thomas Sergiovanni(Ed), Rethingking Leadership (a Collection Of Articles) ,California: Crowin Press, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikanpendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D, Bandung, Alfabeta, Cet. Ke- 23, 2016

Suryosubroto, B. Manajemen Penddidikan Di Sekolah , Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

, Manajemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa Depan, Cetakaan Ketiga ,Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Tilaar,H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Umairo Dan Gozali,Imam, Manajemen Mutu Sekolah Di Era Otonomi Pendidikan ,Yogyakarta:Ircisod,2010.

Jurnal – Jurnal dan Makalah

Alif dan Suenarto, Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan SMK Di Diy ‘ Jurnal Peneltian Dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2008.

Hendarmoko, Efektifitas Pelaksanaan Peran Dan Fungsi Komite Sekolah Pada Jenjang SMP Negeri dan Swasta Di Kota Madya Jakarta Selatan, Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, Vol. 1,No. 1,2010.

Krismanda,Mutia Ayu Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua Siswa Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Mutu Berbasis Sekolah Di Sekolah Menengah Swasta, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2, 2017

Siskandar, Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 14, No. 3 (2012)

Suti,Marsus,” Strategi Peningkatan Mutu Di Era Otonomi Pendidikan”, Jurnal MEDTEK, Volume 3, Nomor 2 Oktober 2011.

Sutrisno Dan Rusli, “Analisis Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Propinsi Jambi”, Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 3, Nomor 1 , September 2007

Suprayogo,Imam,“ Problem Peningkatan Mutu Madrasah” Jurnal Ilmiah Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1978 -1938 Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Dan Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan Indonesia (SnaPI ) , Vol. 13.No.7.2009

Suwandi, Penyelenggaraan Forum Kerjasama Komite Dan Sekolah Untuk Pendidikan Indonesia, Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, Vol.8, No.2.(2010

Downloads

Published

2021-03-14

How to Cite

Hamdani, S. (2021). 25-59 Pengembangan Mutu Sekolah Berbasis Kemitraan:: Analisis Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten Jakarta. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1). Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/422