Learning Motivation Strategies in Islam

Authors

  • Lailatur Rohmah Universitas Al-Falah Assunniyah Kencong, Jember
  • Millatul Muwafiqoh Universitas Al-Falah Assunniyah Kencong, Jember
  • Titin Nurhidayat Universitas Al-Falah Assunniyah Kencong¸ Jember

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1559

Keywords:

Strategi, Motivasi Belajar, Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak

Salah satu unsur kunci yang mempengaruhi kinerja belajar adalah motivasi belajar. Dalam perspektif Islam, motivasi belajar memiliki landasan yang kuat, yaitu perintah Allah SWT untuk menuntut ilmu dan kemuliaan orang yang berilmu. Motivasi belajar  dapat dibagi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri individu, seperti rasa ingin tahu, ingin mengembangkan diri, dan ingin mencapai prestasi. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar diri individu, seperti ingin mendapatkan pujian, ingin mendapatkan hadiah, atau ingin menghindari hukuman. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pentingnya motivasi belajar dalam kehidupan pribadi, beberapa aspek pemahaman Islam tentang motivasi belajar, dan inisiatif untuk meningkatkan motivasi belajar.

References

Daftar Pustaka

Hamzah B. Uno. Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis Di Bidang Pendidikan, t.t.

Harmalis, Harmalis. “Motivasi Belajar Dalam Perspektif Islam.” Indonesian Journal of Counseling and Development 1, no. 1 (12 Juli 2022): https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.377.

Porumbu, Daniela, dan Daniela Veronica Necşoi. “Relationship between Parental Involvement/Attitude and Children’s School Achievements.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 76 (April 2022): 706–10. ttps://doi.org/10.1016/j.sbspro.2022.

Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” 2021.

Rosmalinda, Desy, dan Marni Zulyanty. “Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 1 (13 Juni 2022): 64–75. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6848.

Saragi, Muhammad Putra Dinata, Mega Iswari, dan Mudjiran Mudjiran. “Kontribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling.” Konselor 5, no. 1 (30 Maret 2022): 1. https://doi.org/10.24036/02016516477-0-00.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sarnoto, Ahmad Zain, dan Almaydza Pratama Abnisa. “Motivasi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 4, no. 2 (27 Juni 2022): https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1609.

Sugihartono, Nur Kartika Fathiyah, Farida Setiawati, Farida Harahap, dan Siti Rohmah Nurhayati. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS, 2007.

Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” 2015.

Tawfiq, Muhammad Izz al-Din, dan Sari Narulita. Panduan lengkap & praktis psikologi Islam. Depok: Gema Insani, 2007.

Zubairi. Meningkatkan Motivasi Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Indramayu: CV Adanu Abimata, 2023.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Rohmah, L. ., Muwafiqoh, M. ., & Nurhidayat, T. . (2024). Learning Motivation Strategies in Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 22(1), 15–24. https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1559

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.