Pendidikan Humanisme Religius Dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v17i2.333Keywords:
Pendidikan Islam, humanisme dan religiusAbstract
Banyak hal yang harus berubah dalam dunia pendidikan islam karena beragai persoalan dan tantangan pada era modern sekarang ini, yang mengakibatkan merosotnya akhlak generasi muda yang masih menempuh pendidikan, yang tentu saja hal ini jauh dari harapan dunia pendidikan, lebih-lebih pendidikan islam yang mengharapkan para generasi muda menjadi generasi yang memiliki prilaku dan akhak yang baik berdasarkan ajaran agama.
Dalam tulisan ini akan di uraikan permasalahan dalam dunia pendidikan yang sedang terjadi di sebabkan adanya pemahaman bahwa ada perbedaan antara ilmu agama dan umum, rapuhnya posisi anak didik, orientasi pada pencapaian memperoleh ijazah dan penguasaan ilmu umum, maka ada solusi sebenarnya terhadap pemasalahan yang sedang teradi yaitu dengan pendekatan humanisme dalam pendidikan islam
References
Abdurrahman Mas’ud, 2002, Menggagas Format Pendidikan Nondikotonomik, Gama Media, Yogjakarta.
Achmadi, 2010, Ideologi Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar, Yogjakarta.
Ali Syariati, 2006, Humanisme Antara Islam dan Mazhab Barat, Pustaka Hidayah, Bandung.
Arif Furchan, 2004, Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia, Gama Media, Yogjakarta.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Mushaf Aminah, Al-Qur’an Dan Terjemahan, Jakarta: Insan Media Pustaka, 2006.
Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah, Vol-2, Lentera Hati, Tt.
Undang-Undang Pendidikan Nasional, Cet. Ke-4, Yogyakarya: Pustaka Pelajar, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Abd. Latif Manan, Khairuddin Khairuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.