Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid 19 di MI Darussalam Sambiroto Baron Nganjuk

Authors

  • Suhartono Suhartono Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Jawa timur
  • Idawati Idawati IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.791

Keywords:

pembelajaran, model tematik, pandemic covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 di MI Darussalam Sambiroto Baron  Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilaksanakan di MI Darussalam Sambiroto Baron  Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran, guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan silabus dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hanya 1 lembar dan memuat komponen inti RPP adalah tujuan pemmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment), serta komponen lainnya bersifat pelengkap, (2) pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan grup WhatsApp. Pada proses pembelajaran, guru melaksanakan tiga kegiatan/ tahapan  pembelajaran meliputi (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti, dan (c) kegiatan akhir dengan sintaks pembelajaran daring, dan (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru berupa penugasan, tes penilaian harian, tes Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Tes Penilaian Akhir Semester (PAS) yang dilaksanakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan, sera teknik penilaian menggunakan penilaian otentik. Pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19 secara daring sesuai dengan standar yang diharapkan, akan memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran.

References

Ahmadi, Iif Khoiru, dan Amri, Sofan, Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta, 2014.

Aji, Rizqon Halal Syah. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Vol. 7 No. 5, 2020.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2011.

Bilfaqih, Yusuf & Qomarudin, M. Nur. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish, Yogyakarta, 2015.

Cecilia, Engko & Paul Usmany. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online (Studi Eksploratif Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pattimura). Jurnal Akuntansi , Vol. 6 No. 1, Juli 2020.

Danarwati, Y. S. Manajemen Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13), 2013.

Kadir, Abdul, dan Asrohah, Hanun. Pembelajaran Tematik, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2014.

Kementerian Agama RI, Pedoman Teknis (Domnis) Implementasi Kurikulum Madrasah; Mata Pelajaran PAI Dan Bahasa Arab Pada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah. Kementerian Agama RI, Jakarta, 2014.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran; Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung, 2011.

Masjudin, https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/168

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Niron, Maria Dominika. Bahan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru dalam Jabatan Pengawas Sertifikasi Guru Rayon 11 Universitas Negeri Yogyakarta; Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam KTSP. Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prastowo, Andi. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jogjakarta, 2013.

Setyosari, P. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 2014.

Suhartono, Pengaruh Model Group Investigation dan Motivasi Berprestasi Terhadap Pemahaman Konsep. Disertasi, Universitas Negeri Malang, 2019,Tidak diterbitkan.

Suhartono & Anik Indramwan. Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Bahasa Mahasiswa. Jurnal Innovative. 08(1), 2020.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana, Jakarta, 2010.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen, Jakarta, 2003.

Yulianto E, Cahyani PD, & Silvianita S. Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19,3(2), 2020.

Yusuf, B.B. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 2017.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Suhartono, S., & Idawati, I. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid 19 di MI Darussalam Sambiroto Baron Nganjuk. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 1–15. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i2.791

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.