42-54 Implementasi Inovasi Dalam Organisasi Kependidikan

Authors

  • Nurul Hidayati IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v18i2.375

Keywords:

Inovasi, Organisasi, Pendidikan

Abstract

Pembaharuan mengiringi perputaran zaman yang tak henti-hentinya berputar sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan kebutuhan akan layanan individual terhadap peserta didik dan perbaikan kesempatan belajar bagi mereka, telah menjadi pendorong utama timbulnya pembaharuan pendidikan. Oleh karena itu pendidikan harus mampu mengantisipasi perkembangan tersebut dengan terus menerus mengupayakan suatu program yang sesuai dengan perkembangan anak, perkembangan zaman, situasi, kondisi, dan kebutuhan peserta didik

Perkembangan teknologi dan informasi yang cepat dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan, merupakan suatu upaya untuk menjembatani masa sekarang dan masa yang akan datang dengan jalan memperkenalkan pembaharuan-pembaharuan yang cenderung mengejar efesiensi dan efektifitas.

                Proses inovasi dalam organisasi sasarannya adalah tetap pada masing-maaing individu namun tetap terikat pada aturan organisasi tersebut. Pemikiran kebanyakan orang adalah dalam upaya mempertahankan kestabilan organisasi, para anggota organisasi tidak terlalu menginginkan inovasi. Padahal pada kenyataannya suatu organisasi selalu berhadapan dengan inovasi dan sebenarnya inovasi itu adalah suatu proses kemajuan organisasi.

References

Gerarld Zaltman, Duncam dan Holbek, Innovation and Organization, London, 1973.

Sa’ud, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.

Supriyanto, Eko, Inovasi Pedidikan (Isu-isu Baru Pembelajaran, Manajemen, dan Sistem Pendidikan di Indonesia), Universitas Muhammadiyah Press, Surakarta, 2009.

Wycoff, Joyce, 2004. Ten Practical Steps to Keep Your Innovation System Alive & Well. http://thinksmart.com/

Yasyin, Sulchan, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah, 1997

Downloads

Published

2020-12-10

How to Cite

Hidayati, N. (2020). 42-54 Implementasi Inovasi Dalam Organisasi Kependidikan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 18(2), 42–54. https://doi.org/10.37216/tadib.v18i2.375

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.