Implementasi Penggunaan Modul Ajar Pada Pembelajaran Berdisferensiasi dalam Upaya Peningkatan Literasi Siswa di Madrasah

Authors

  • Ahmad Hulaimi IAI Hamzanwadi Pancor
  • Heri Hadi Saputra Universitas Mataram
  • Baiq Halimatuzzuhrotulaini IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1551

Keywords:

Modul ajar, pembelajaran berdisferensiasi, literasi

Abstract

Kondisi literasi di kabupaten Lombok Timur masih cukup memprihatinkan jika dibandingkan dengan tingkat literasi secara nasional hal tersebut bisa kita lihat dari beberapa hasil raport pendidikan secara nasional, tetapi pada tataran kedaerahan tingkat literasi kabupaten Lombok Timur mengalami peningkatan walaupun agak lambat, hal ini disebabkan karena berbagai faktor, baik internal sekolah itu sendiri maupun faktor eksternal. Penelitian ini mencoba melihat dalam implementasi kurikulum merdeka penggunaan modul ajar diharapkan mampu meningkatkan literasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah di kabupaten Lombok Timur melalui kegiatan pembelajaran berdisferensiasi. Prinsip pembelajaran tersebut menekankan tingkat kemampuan siswa dan gaya belajarnya yang keduanya dapat diketahui melalui asessmen. Oleh sebab itu pembelajaran dan asessmen merupakan langkah satu kesatuan yang dilakukan oleh guru-guru untuk melihat tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda yang lantas diimplementasikan ke dalam pembelajaran berdisferensiasi yang selanjutnya proses pembelajarannya disusun menggunakan modul ajar agar sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdisferensiasi. Hal ini dapat kita lihat pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lombok Timur yang sudah mengimplementasikan modul ajar pada pembelajaran berdisferensiasi.

References

Amin, (2009) Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Berbakat, Jurnal Edukasi, Vol. 1, No. 1

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, (2022), Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah, Jakarta

http://sharematika.blogspot.com/2015/04/pengertian-observasi.html tangal -27- agustus - 2018

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2017), Materi Pendukung Literasi baca Tulis, Gerakan Literasi Nasional (Jakarta Timur : Sekretariat Tim GLN Kemendikbud

Marlina, (2019), Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif

St. Nurul Fitriani, Ahmad Hulaimi, Muh Samsul Anwar, (2023), Gender, Motivasi dan Kemampuan Literasi Inklusif, (Mataram : CV. Insan Kreasi Media)

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kombinasi (Bandung :.Alvabeta)

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Hulaimi, A., Hadi Saputra, H., & Halimatuzzuhrotulaini, B. (2024). Implementasi Penggunaan Modul Ajar Pada Pembelajaran Berdisferensiasi dalam Upaya Peningkatan Literasi Siswa di Madrasah. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 22(1), 1–14. https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1551

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.