Studi Tentang Pendekatan Konstruktivisme Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Meningkatkan Prestasi Balajar Peserta Didik

Authors

  • Ahmad Hulaimi IAI HAMZANWADI NW PANCOR
  • H. Imanuddin IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v17i2.334

Keywords:

Konstruktivisme, Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Prestasi Balajar dan Peserta Didik

Abstract

Dalam proses belajar mengajar konvensional, guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran, guru lebih aktif dan lebih berinisiatf untuk mencari bahan-bahan materi pembelajaran, berfikir menyajikan sesuatu yang baru. Berbeda dengan peserta didik yang lebih banyak bersifat pasif. Aktivitas peserta didik terbatas pada mendengar apa yang disampaikan oleh guru, mencatat apa yang diberikan dan menjawab apabila guru memberikan sebuah pertanyaan. Peserta didik hanya bekerja menurut perintah dan cara berfikir yang telah digariskan oleh guru.

Pendekatan pembelajaran konstruktivisme adalah salah satu alternatif untuk mengurangi masalah yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Khususnya untuk mengubah paradigma berfikir yang selama ini terus menjadi alasan ketidak berhasilan atau kegagalan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme radikal diharapkan peserta didik lebih aktif dan menemukan sendiri bahan-bahan yang akan dipelajari, sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal dan dapat dirasakan lebih oleh peserta didik itu sendiri. Guru hanya akan berperan dalam memantau, memfasilitasi dan membimbing peserta didik yang berperan aktif tersebut. Pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik

References

Baharuddin, Pendidikan & Psikologi Perkembangan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010)

Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002)

Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Depag RI, 1998)

Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)

H. Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, (Jakarta: Delia Press)

M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 1992)

Masbied. 2011.Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran matematika. (PT. Cifta . Jakarta.2011)

Muhibbin Syah. M.Ed, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999) cet. Ke-1

Masjudin, Optimalisasi Pengelolaan Tenaga Kependidikan Untuk Meninkatkan Mutu Pendidikan, (Jurnal Ta’dib Pendidikan Islam dan Isu-isu Pendidikan Islam Vol 16 No. 1 Januari-Juni 2018)

Oemar Hamalik, Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, (Bandung: Tarsito, 1982)

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara)

Ridwan, Artikel Belajar: Minat, Motivasi dan Prestasi Belajar (http://www.edukasi.net/fisika, 2008)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta)

Suparno, Filsafat Konstruktisme dalam Pendidikan, (Yogyakarta: Kansius, 2001)

Syeikh Jarnuzi, Ta’limul Muta’allim, (Jakarta: Pustaka Amani, 2001)

Yulaelawati, Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, Teori dan Aplikasi (Jakarta: Pakar Raya, 2004)

Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)

Downloads

Published

2020-09-09

How to Cite

Hulaimi, A., & Imanuddin, H. (2020). Studi Tentang Pendekatan Konstruktivisme Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Meningkatkan Prestasi Balajar Peserta Didik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 17(2). https://doi.org/10.37216/tadib.v17i2.334

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.