Interdependensi Keluarga Broken Home Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Muh. Zakaria IAI Hamzanwadi NW Pancor
  • Ririn Aprilia IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1562

Keywords:

Motivasi, Broken Home, Keluarga, Belajar

Abstract

Abstrak

 

Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa, sesuai dengan permasalahan yang dijadikan dalam kegelisahan akademik peneliti bahwa apakah ada hubungan antara keluarga yang mengalami broken home dengan motivasi belajar siswa. Kuanitatif menjadi pilihan peneliti dalam menggali informasi sehingga data dan pakta dilapangan lebih mendalam dan data dapat teruji dengan akurat, kemudian penelitian ini dalam menganalisa proglem tersebut dengan analisis Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Hipotesis. Maka penelitian ini menghasilkan Berdasarkan hasil perhitungan analisis variabel yang dilakukan dimana nilai r hitung lebih kecil dari r tabel dengan taraf signifikasi 5%. Dimana nilai r hitung adalah sebesar 0,192 dan r table yaitu 0,374. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung < dari r table maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa 3,68% motivasi belajar ditentukan oleh keluarga broken home, selebihnya ditentukan oleh hal lain seperti faktor eksternalnya yaitu karena adanya penghargaan dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2023 di Mts NW Pendem Kecamatan Janapria

References

Daftar Pustaka

Ahmad Al Yakin, “Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak”, Jurnal Pepatazau. 8, 2014.

Ahmadi, Abu, Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

B. Uno, Hamzah, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

B. Uno, Hamzah, Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.

Dimyanti, dkk, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Eka, Ony Rahayu, “ Pengaruh Kondisi Orang Tua broken home Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Gondanglegi”, Akademika Jurnal Studi Sosial, Juni, 2018.

Esti, Sri Wuryani Djiwandoko, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Grasindo, 2006.

Hakiki, Ainul, Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Cipuput, Skripsi pada UIN Syari Hidayatullah Jakarta, 2017.

Purnaningsih, Fesilitas, Motivasi Belajar Remaja yang Mengalami Broken Home, Skripsi pada Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2016.

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 1990.

Mawati, Khusnul, Pengaruh Ketidakharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri Kobon Agung, Skripsi pada Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2014.

S. Willis, Sofyan, Konseling Individual: Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta, Cet. IX, 2017.

Soekanto, Soerjono, Sosiologi: Suatu Pengantar, Jakarta: Rajagrafindo persada, 2006.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Zakaria, M. ., & Aprilia, R. . (2024). Interdependensi Keluarga Broken Home Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 22(1), 54–71. https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1562

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.