Implementasi Supervisi Akademik Dengan Teknik Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.718Keywords:
Supervisi Akademik, Kunjungan Kelas, Kinerja Guru, PembelajaranAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas sebagai upaya meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MI Darusalam Sambiroto Baron Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan kepala madrasah melaksanakan supervisi kunjungan kelas dengan beberapa tahapan kegiatan, meliputi (1) tahap persiapan, kepala madrasah menyusun rencana kegiatan berupa (a) kegiatan penyusunan program, (b) perumusan tujuan dan sasaran program, (c) persiapan instrumen bagi guru dan mekanisme pengumpulan serta pengolahan data, dan (d) perencanaan jadwal kunjungan kelas; (2) tahap pelaksanaan, kepala madrasah mengamati jalannya proses pembelajaran berlangsung selama kunjungan; (3) tahap akhir kunjungan, kepala madrasah bersama guru membicarakan hasil-hasil pengamatan yang telah dilakukan; dan (4) tahap tindak lanjut, kepala madrasah hanya memberikan pembinaan secara langsung, sehingga perlu ditambah dengan pembinaan secara tidak langsung dan pembinaan situasional terhadap kesulitan-kesulitan guru dalam proses pembelajaran.
References
Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta
Astuti, Suhandi. (2016). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, Vol. 6, No. 1.
Bafadal, Ibrahim. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, Fatma. (2019). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019.
Koswara dan Rasto. (2016). Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi (Competence and teachers performance with professional certification). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 No. 1.
Lailatussaadah. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, Volume 3, Nomor 1.
Mantiri, Jeane. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education, Vol. 3 No. 1.
Mujiyana. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Supervisi Akademik Teknik Individual Kunjungan Kelas di MIN 1 Gunungkidul Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 4, Nomor 1.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prabowo, Suto & Yoga, Dyah Satya. (2016). Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Membina Profesional Guru SLTP/SLTA Jurnal Sosial Humaniora, Vol 9 No.1.
Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media.
Priansa, D.J., Somad, R, dan Kasmanah, A. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : Alfabeta.
Purwanto, Ngalim, (2016). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rubianingsih, Siti., dkk, . (2018). Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Perencanaan Administrasi Guru MTs Negeri di Kota Mataram Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 3, No. 2
Sholichah, Umun Choiriyah. (2017). Penerapan Teknik Supervisi Kunjungan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 20 Surabaya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 2.
Sudarmanto, (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Suhartono, et.al. (2021). A Theoretical Study: The Flipped Classroom Model As An Effective And Meaningful Learning Model In Multiple Era. Psychology And Education, 58(1).
Sulistiyowati, Lela Foni dan Herlina. (2020). Bahan Bacaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudarmanto, (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Winarni, Sri. (2017). Supervisi Administrasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran, Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 2, No. 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suhartono Suhartono, Idawati Idawati, Noor Hafidhoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.