Impelementasi Metode Fenomenologi Dalam Penelitian Pendidikan Islam

Authors

  • Sayuti Hamdani Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1560

Keywords:

Metode, Fenomenologi, Pendidikan Islam.

Abstract

Abstrak

 

Salah satu metode yang penting untuk dipelajari dan dipahami seorang peneliti, guru dan akademisi adalah metode fenomenologi, karena memberikan pemahaman secara komprehensif dalam merancang penelitian pendidikan dan pembelajaran. Dalam bidang penelitian, metode fenomenologi dianggap cocok untuk menggali masalah yang kompleks dan efektif untuk menghasilkan pemahaman dari pengalaman hidup manusia. Dalam bidang pendidikan,  metode fenomenologi membantu guru untuk mengamati perkembangan kognitif, psikomotor dan afektif peserta didiknya melalui berbagai aspek pengalaman sehari – harinya secara keseluruhan.  metode fenomenologi dalam pendidikan Islam dapat dilihat dari pendidikan karakter yang telah diterapkan dalam kurikulum di Indonesia. Guru tidak hanya bertugas mentransmisikan pengetahuan saja kepada siswanya, akan tetapi bertugas memasukkan nilai – nilai karakter pada semua mata pelajaran, tidak hanya mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti.

References

Daftar Pustaka

Craib,Ian, Teori Sosial Modern Dari Persons Sampai Habermas, Jakarta: Raja Gravindo, 1994

Denny,Moeryadi Pemikiran Fenomenologi menurut Edmund Husserl. Dipublikasi oleh jurnalstudi.blogspot

Denzim, Norman K,., and Lincoln, Yvonna S.. Handbook of qualitative research (terjemahan),Yogyakara: Pustaka Pelajar., 2009

Donny. Fenomenologi dan Hermeneutika: sebuah Perbandingan. dipublikasi oleh kalamenau.blogspot.2005

Jumhur (n.d). Kritik Feneomenologis Merleauponty Atas Filsafat Pengetahuan, from http://tsaqafah.isid.gontor.ac.id/volume-vi-1/volume-vi-2/kritik-fenomenologis-merleau-ponty-atas-filsafat-pengetahuan.html , diakses selasa, 24 oktober 2023, pukul 11.40.

Morison, Teori Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana, 2015 Nazir, Metode Penelitian,Jakarta: Ghalia Indonesia.2017.

Nurhadi, Ziakri Fakhrul, Teori – Teori Komunikasi, Teori Komunikasi Dalam Persfektif Penelitian Kualitatif, Bogor: Ghalia Indoanesia, 2015

Pujileksono,Sugeng, Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif,Malang:Kelompok Intrans Publising, 2015), 64.

Raevanoe, Baffi, Teori Fenomenologi Komunikasi, Riau, Universitas Riau, 2013 Rorong,Michael Jibrael, Fenomenologi , Yogyakarta: Deepublish Budi Utama, 2020

Smith A, Jonathan. (ed.). Psikologi kualitatif: Panduan praktis metode riset. Terjemahan dari Qualitative Psychology A Practical Guide to Research Method ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Smith,., Jonathan A Flowers, Paul., and Larkin. Michael. 2009. Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington: Sage, 2009

Wlittlejhon,Stephen, karen A foss, Teori Komunikasi Theories Of Human Communication,Jakarta: Salemba Humanika, 2012

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Hamdani, S. (2024). Impelementasi Metode Fenomenologi Dalam Penelitian Pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 22(1), 35–53. https://doi.org/10.37216/tadib.v22i1.1560

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.